Legislator Minta Pemprov Jabar Tiru Ekonomi Kreatif di Thailand

Penerapan Perda Ekonomi Kreatif harus dimaksimalkan

Bandung, IDN Times - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Rita Sari Puspita mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa mengembangkan ekonomi kreatif seperti di Thailand. Para pelaku usaha mikro juga harus diberikan pendampingan maksimal.

"Di Thailand sudah ada buah manggis yang bisa dioven, tetapi tidak merubah bentuk aslinya dan pas dimakan renyah kering," ujar Rita berdasarkan keterangan resmi, Selasa (7/5/2024).

1. Pelaku ekonomi kreatif harus diperhatikan

Legislator Minta Pemprov Jabar Tiru Ekonomi Kreatif di ThailandGooggle

Rita mengungkapkan, hal yang menjadi tantangannya adalah mengedukasi masyarakat melalui pelatihan. Pemerintah Provinsi kata dia, harus terlibat aktif termasuk dalam membuka pasar untuk para pelaku ekonomi kreatif. Jangan sampai para pelaku tidak mendapatkan perhatian. 

"Tentu akan kita dorong agar pemerintah dapat memfasilitasi program pelatihan pengolahan," katanya.

2. Perda Ekonomi Kreatif harusnya mendorong pelaku berinovasi

Legislator Minta Pemprov Jabar Tiru Ekonomi Kreatif di ThailandPixabay

Pemprov Jawa Barat sendiri memiliki Perda Nomor 15 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif dapat mendorong pertumbuhan usaha mikro. Menurutnya, usaha mikro atau UMKM di Jawa Barat terbilang menjamur dan dapat dikuatkan dengan Perda Ekonomi Kreatif.

"Antaranya adalah dengan inovasi, bagaimana menciptakan produk yang pada akhirnya bisa memiliki nilai ekonomi lebih tinggi," jelasnya.

3. Banyak potensi yang belum tereksplor

Legislator Minta Pemprov Jabar Tiru Ekonomi Kreatif di ThailandIlustrasi keseimbangan ekonomi dan lingkungan (freepik.com/master1305)

Maka dari itu lanjut Rita, eksplorasi ekonomi kreatif harus dilakukan, karena potensinya yang terbilang besar. Dia berharap, pemerintah terus bersinergi bersama stakeholders guna mendorong pertumbuhan usaha mikro demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Melihat langsung di lapangan, sebetulnya sangat banyak sekali potensi yang bisa dieksplorasi agar bisa benilai ekonomi tinggi. Jelas akan saya sorong khususnya pemerintah, terkait untuk berkomitmen meningkatkan perekonomian," kata dia.

Baca Juga: Waketum DPP Golkar Tegas Minta Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar

Baca Juga: Maju Pilkada, Pj Kepala Daerah di Jabar Dilarang Manfaatkan Jabatan 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya