Lapas dan Rutan di Jabar Baru Gelar Vaksinasi Tahap Pertama

Kanwil Kemenkumham Jabar Belum lakukan Vaksinasi tahap II

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar) memastikan vaksinasi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) trus berjalan. Sampai saat ini, vaksinasi baru berjalan di tahap pertama.

Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar mengatakan, vaksinasi untuk WBP di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) belum pada tahap kedua, seperti yang terjadi di sektor lainnya.

"Sebagian lapas dan rutan di Jabar WBP-nya sudah divaksin tahap pertama, dan masih akan lanjut. Kemarin ada vaksinasi di Lapas Cikarang," ujar Taufiq, saat dihubungi, Sabtu (24/7/2021). 

1. Kanwil Kemenkumham Jabar belum mengetahui jumlah pasti WBP yang sudah disuntik vaksin tahap I

Lapas dan Rutan di Jabar Baru Gelar Vaksinasi Tahap PertamaSuasana Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa barat (IDN Times/Aryodamar)

Disinggung soal berapa jumlah pasti WBP yang sudah diberikan vaksinasi pada tahap pertama, Taufiq tidak menjelaskan secara pasti. Ia hanya bilang bahwa target vaksinasi akan diberikan pada seluruh warga binaan.

"Targetnya seluruh warga binaan, mudah-mudahan tercapai. Nanti saja kalo sudah tuntas, saya kasih datanya," kata Taufiq.

2. DPR sudah minta Kemenkumham untuk fokus pemberian vaksinasi pada WBP

Lapas dan Rutan di Jabar Baru Gelar Vaksinasi Tahap PertamaPolitikus NasDem, Ahmad Sahroni. Instagram.com/ahmadsahroni88

Untuk diketahui, personel vaksinasi bagi WBP mendapatkan sorotan dari Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni. Ia mengatakan, semestinya WBP memperoleh atensi khusus terkait vaksinasi, mengingat ruang lingkupnya yang sangat rentan terpapar.

Penyebaran virus corona di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) sangat berbahaya. Ia bilang, di tengah kondisi lapas yang sebagian besar mengalami kelebihan kapasitas, kerumunan orang dalam jumlah banyak dapat memicu hadirnya klaster baru. Seperti halnya yang pernah terjadi di Lapas Perempuan DKI Jakarta.

"Vaksinasi ini saya minta kepada pemerintah, langsung kepada presiden, untuk memberikan prioritas juga kepada para (tahanan di) lapas. April oleh masyarakat umum, maka ada keputusan untuk para (tahanan di) lapas yang dipercepat untuk dilakukan vaksinasi. Masuk tahap II," ujar Sahroni melansir dari laman, Kemenkumham, Sabtu (24/7/2021).

3. Banyak masyarakat mengeluh bahwa WBP belum mendapatkan prioritas vaksinasi

Lapas dan Rutan di Jabar Baru Gelar Vaksinasi Tahap PertamaAnggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni (Instagram.com/ahmadsaroni88)

Sahroni menambahkan, ia akan meminta secara langsung kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, tentang fasilitas vaksinasi kepada seluruh tahanan di lapas dan rumah tahanan negara (rutan).

"Di masyarakat banyak keluhan (bahwa) tahanan rentan dengan penyebaran COVID-19, yang begitu dekat dengan mereka. Mungkin juga banyak yang tanpa gejala, tahu-tahu sudah positif (COVID-19) saja," kata dia.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, NasDem Jabar Siapkan 30 Ribu Dosis untuk Warga

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Jabar Kehabisan Dosis Vaksin COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya