Lalu lintas Dalam Kota Bandung Macet Setelah Salat Idulfitri 2024

Mayoritas pengendara hendak berziarah dan silahturahmi

Bandung, IDN Times - Beberapa jalanan di dalam Kota Bandung mulai terjadi kemacetan usai salat Idul Fitri 2024. Penumpukan kendaraan terjadi oleh warga yang melakukan ziarah kubur dan halal bihalal.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, kemacetan diantara terjadi di Jalan Ibrahim Adjie menuju jalan provinsi Soekarno-Hatta pada pukul 10:49 WIB hingga 12:00 WIB. Kemacetan mengekor hingga perempatan arah Jalan Gatot Subroto. Hal ini disebabkan terjadinya peningkatan volume kendaraan roda dua dan empat.

Mayoritas kendaraan sendiri mengarah ke arah Jalan Soekarno-Hatta ke arah barat untuk tujuan Cibiru, Kabupaten Bandung, Garut, Jatinangor. Sementara, dari arah Soekarno-Hatta menuju Jalan Ibrahim Adji terpantau ramai lancar.

1. Wilayah Bandung Timur juga terjadi kemacetan

Lalu lintas Dalam Kota Bandung Macet Setelah Salat Idulfitri 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, kemacetan lainnya terjadi di Jalan Ciwastra menuju arah Derwati, hingga Gedebage. Kondisi lalu lintas sempat macet karena terjadi penumpukan kendaraan di luar kondisi normal. Sementara untuk arus lalu lintas arah sebaliknya, Gedebage-Ciwastra juga macet.

Adapun untuk di pusat perkotaan Kota Bandung seperti Jalan Braga dan lainnya, belum terlihat terjadi peningkatan kendaraan hingga siang setelah salat Idulfitri.

Pengendara roda dua, Asep Mulyana (30 tahun) mengatakan dirinya melewati Jalan Ibrahim Adji untuk melakukan silahturahmi di kampung istrinya daerah Cileunyi. Selain bersilahturahmi ada juga beberapa kegiatan keluarga lainnya. 

"Ini saya berhenti dulu karena macet. Rencana mau ke Cileunyi silahturahmi ke saudara, halal bihalal lah. Agenda setiap tahun setelah Idulfitri," katanya.

2. Pemprov Jabar prediksi arus wisata terjadi di H+3 lebaran

Lalu lintas Dalam Kota Bandung Macet Setelah Salat Idulfitri 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, prediksi kemacetan di dalam kota sudah diprediksi oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin saat melakukan pemantauan arus lalu lintas pada malam Idul Fitri 2024, Selasa (9/4/2024). Dia memastikan arus silaturahmi akan membuat penumpukan kendaraan.

Bey juga memprediksi arus balik akan terjadi hingga H+3 lebaran. Menurutnya, setelah lebaran akan banyak masyarakat yang berwisata di beberapa daerah yang ada di Jawa Barat.

"Diperkirakan msyarakat akan mengunjungi tempat pariwisata di Lembang, Ciwidey, Pangalengan, dan Pangandaran," katanya.

3. Arus mudik di Jawa Barat diklaim lancar

Lalu lintas Dalam Kota Bandung Macet Setelah Salat Idulfitri 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Bey mengimbau agar masyarakat yang hendak melakukan halal bi halal dan berwisata bisa memastikan kendaraan layak jalan. Jika pemudik merasa lelah dalam perjalanan, Bey meminta agar beristirahat terlebih dahulu.

"Kami berharap masyarakat yang menggunakan kendarana pribadi dicek kendarananya, cek kesehatan pengemudi, kalau lelah jangan memaksakan dan posko sudah di jalan dimanfatkan jangan kelelahan di jalan," katanya.

Menurut Bey, arus mudik tahun ini tergolong lebih baik dari tahun lalu. Dia melihat ada penurunan kendaraan volume kendaraan pada malam Idulfitri di wilayah Jawa Barat. Bey berterima kasih pada masyarakat karena bisa mematuhi rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik.

"Arus mudik baik dibandingkan tahun lalu menurun, dan kami terima kasih kepada masyarakat mematuhi imbauan, kami membagi perjalanan mudik jadi tidak terjadi kepadatang tinggi," kata dia.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lokal di Jabar Terjadi H-2 Lebaran 2024

Baca Juga: 16 Ribu Napi di Jabar Dapat Remisi Idulfitri 2024, 128 Orang Bebas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya