Kuota Haji Jabar 2023 Diputuskan untuk 38 Ribu Jemaah

Keputusan ini tertuang dalam surat KMA nomor 189 tahun 2023

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Jawa Barat (Jabar) menyatakan 38.723 jemaah haji asal Jabar akan berangkat tahun ini. Kuota haji itu sudah ditentukan berdasarkan aturan Kemenag.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar, Boy Hari Novian mengatakan, kuota ini ditentukan berdasarkan Keputusan Menteri Agama KMA No 189 tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M, sebesar 221.000.

"Jabar sudah keluar secara keseluruhan 38.723 orang," ujar Boy saat dihubungi, Kamis (2/3/2023).

1. Kuota kabupaten kota masih belum ditemukan

Kuota Haji Jabar 2023 Diputuskan untuk 38 Ribu JemaahIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Meski sudah mendapatkan kuota secara keseluruhan, Boy menjelaskan, nantinya akan diputuskan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk kuota per kabupaten/kota. Kemenag Jabar juga akan segera berkoordinasi dengan Pemprov Jabar.

"Penetapan kabupaten/kota kita masih menunggu dari keputusan gubernur, dalam waktu dekat ditetapkan, nanti dibagi per kabupaten/kotanya berapa," katanya.

2. Ada kuota lima persen untuk lansia

Kuota Haji Jabar 2023 Diputuskan untuk 38 Ribu JemaahIlustrasi jemaah haji (dok. Angkasa Pura I)

Menurutnya, pembagian kuota per kabupaten/kota jumlahnya tida akan jauh dari tahun sebelumnya. Hanya saja, tahun ini ada slot kuota khusus calon jemaah haji yang berstatus lanjut usia (Lansia).

"Membedakan kuota 5 persen untuk Lansia, jadi dari 38.723 itu 5 persennya adalah kuota untuk lansia dengan rentang umur 81 hingga 100 tahun. Lansia dihitung berdasarkan usia, 81-100 tahun, nanti dibagi per daerah berapa," katanya.

3. Ada pemberangkatan dari BIJB Kertajati

Kuota Haji Jabar 2023 Diputuskan untuk 38 Ribu JemaahBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dengan jumlah jemaah yang banyak ini, Boy menambahkan, semua jemaah tidak berangkat dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Jemaah sebagaian akan diberangkatkan dari bandara Soekarno Hatta.

Untuk jemaah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) serta Subang hingga Sumedang, akan diberangkatkan secara langsung lewat BIJB Kertajati.

"Pasti ada, jadi Kertajati sama Soekarno Hatta, Ciayumajakuning ditambah Subang Sumedang itu berangkat dari Kertajati, sisanya Soekarno Hatta," kata dia.

Baca Juga: Ada 22 Kloter Jemaah Haji yang Bakal Terbang Dari BIJB Kertajati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya