KPU Jabar Tetapkan Gerindra Juara Pileg DPRD Jabar

Lima besar pemenang Pileg DPRD Jabar dikuasi partai lama

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan 120 orang anggota DPRD Jawa Barat terpilih. Penetapan anggota legislatif tingkat provinsi ini dilakukan setelah proses sengketa beberapa calon ke MK dipastikan telah rampung.

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni mengatakan, dari penetapan ini Partai Gerindra mendapatkan 20 kursi, paling banyak dari partai lainnya. Sementara di urutan kedua, ada PKS dan Partai Golkar yang sama-sama mendapat 19 kursi.

"Setelah itu ada PDIP dengan 17 kursi, PKB 15 kursi, Demokrat dan Nasdem delapan kursi, PAN tujuh kursi, PPP enam kursi dan PSI satu kursi," kata Ummi, Rabu (29/5/2024).

1. Penetapan berdasarkan hasil pleno KPU Jabar

KPU Jabar Tetapkan Gerindra Juara Pileg DPRD JabarKetua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dia memastikan penetapan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat terpilih ini sudah sesuai dengan keputusan KPU pusat. Setelah itu kembali diplenokan oleh KPU Jabar pada Selasa (28/5/2024) malam.

"Hal ini sesuai dengan Keputusan KPU Jabar tentang penetapan perolehan kursi partai politik peserta Pemilu anggota DPRD Provinsi Jabar," katanya.

2. Anggota DPRD Jabar terpilih tinggal tunggu pelantikan

KPU Jabar Tetapkan Gerindra Juara Pileg DPRD JabarKetua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ummi menambahkan, dalam pleno tersebut KPU melakukan perubahan anggota DPRD terpilih untuk anggota DPRD dari PAN Dapil Jabar 13 dan PKB Jabar enam yang meninggal dunia. Adapun proses selanjutnya tinggal menunggu pelantikan

3. Penetapan anggota DPRD sempat tertunda karena ada sengketa

KPU Jabar Tetapkan Gerindra Juara Pileg DPRD JabarFakultas Hukum Umsu

Sebelumnya, Ummi mengatakan, penetapan DPRD Jabar belum bisa dilakukan karena ada calon legislarif dari beberapa masih mengajukan gugatan ke MK.

"Penetapan masih menunggu putusan dari M, karena sekarang masih ada beberapa yang proses (Sengketa)," ujar Ummi, Rabu (8/5/2024).

Setelah proses sengketa rampung, Ummi memastikan penetapan akan dilakukan pada para anggota DPRD Provinsi Jabar terpilih dari masing-masing partai. Berdasarkan data KPU saat ini, 15 berkas sengketa yang kini masih berproses.

"Setelah selesai (putusan MK) nanti kami langsung lakukan penetapan pada anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, terpilih," kata dia.

Baca Juga: Program Citarum Harum: Jabar Fokus Lahan Kritis dan Penegakan Hukum

Baca Juga: Lomba Teknologi Tepat Guna Jabar Cari Solusi Permasalahan Sehari-hari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya