KPU Guyur Anggaran Rp855 Miliar ke Kabupaten/Kota untuk Pilgub Jabar

Total anggaran Pilgub Jabar capai Rp1,1 triliun

Bandung, IDN Times - Anggaran pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat tahun 2024 mencapai Rp1,1 triliun. Sebanyak Rp855 miliar di antaranya akan dibagikan ke 27 Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan, anggaran Rp1,1 triliun itu diberikan ke kabupaten dan kota lantaran sudah sesuai aturan sebagai pembiayaan tim Adhoc serta logistik Pilgub Jabar.

"Kami punya anggaran Rp1,1 triliun untuk Pilgub Jawa Barat. Namun, Rp855 Miliar di antaranya kami bagi atau cost sharing untuk KPU di 27 kabupaten dan kota," ujar Ummi, Selasa (30/4/2024).

1. Anggaran ini baru cair sebesar 40 persen

KPU Guyur Anggaran Rp855 Miliar ke Kabupaten/Kota untuk Pilgub JabarKetua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Alokasi anggaran Rp855 miliar yang dialokasikan untuk KPU kabupaten dan kota sendiri disalurkan secara bertahap. Ummi mengungkapkan, anggaran yang bersumber dari dana APBD ini baru dicairkan sebesar 40 persen.

"Anggaran 40 persen ini harusnya sudah masuk ke dalam rekening bank penampung di masing-masing KPU. Besaran juga menyesuaikan kondisi masing-masing daerah," katanya.

2. Beberapa daerah mendapatkan kucuran anggaran yang besar

KPU Guyur Anggaran Rp855 Miliar ke Kabupaten/Kota untuk Pilgub JabarKetua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ummi menambahkan, ada beberapa daerah yang mendapat alokasi anggaran yang besar, seperti di wilayah Bogor, Kabupaten Bandung, serta beberapa daerah lainnya. Hal ini disebabkan kebutuhan tim Adhoc yang tinggi serta banyaknya pemilih.

"Sharing anggaran paling banyak di Bogor, Kabupaten Bandung dan Bekasi. Mereka jumlah paling banyak di Jawa Barat," katanya.

3. Tahapan Pilgub Jawa Barat sudah dimulai

KPU Guyur Anggaran Rp855 Miliar ke Kabupaten/Kota untuk Pilgub JabarWarga saat mencoblos ulang di TPS 14 (IDN Times/Ruhaili)

Sebagai informasi, persiapan Pilgub Jawa Barat 2024 sendiri sudah dimulai. KPU Jawa Barat kini tengah melakukan pembentukan PPK, PPS, dan KPPS yang dimulai sejak 17 April 2024-5 November 2024. Kemudian, tahap persiapan pasangan bakal calon gubernur independen dilakukan 5 Mei 2024-19 Agustus 2024.

Setelah itu, pendafatarn bakal calon gubernur dari unsur partai politik mulai dibuka mulai 27-29 Agustus 2024, dilanjutkan dengan penelitian pasangan calon hingga penetapan pasangan calon hingga nantinya pencoblosan akan dilakukan pada November 2024.

Baca Juga: May Day 2024: KSPSI Jabar Pastikan Tidak Gelar Aksi di Gedung Sate

Baca Juga: Sengketa Pileg 2024, PPP Ungkap Suara Diambil Parpol Lain di Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya