KPID Jabar Kembali Gelar Anugerah Penyiaran 2022

Penganugerahan kali ini sebagai momentum penerapan ASO

Bandung, IDN Times - Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Jawa Barat (Jabar) kembali menggelar Anugerah Penyiaran ke-15 di 2022. Kegiatan itu dilaksanakan sekaligus sebagai momentum dimulainya Analog Switch Off (ASO) penyiaran ke sistem digital secara total.

"Kami ingin konsisten melaksanakan ASO yang secara total pada 2 November 2022. Jadi itu akan kami jadikan sebagai momentum pelaksanaan Anugerah Penyiaran KPID tahun ini," ujar Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet, melalui keterangan resmi, Kamis (8/9/2022).

1. Kegiatan ini sebagai momentum bangkit dari pandemik COVID-19

KPID Jabar Kembali Gelar Anugerah Penyiaran 2022CNN Indonesia

Adiyana menjelaskan, tema yang diangkat dalam Anugerah Penyiaran KPID Jabar kali ini yaitu "Penyiaran Bangkit untuk Jabar Juara Lahir Batin". Tema ini ia pikir sangat tepat dalam kondisi kehidupan masyarkata setelah pandemik COVID-19.

"Ini sebagai momentum bangkitnya kembali dunia penyiaran pasca-pendemi COVID-19, karena selama pandemi dunia penyiaran kita rata-rata pendapatannya turun hingga 80 persen," ungkapnya.

2. ASO diharapkan bisa membantu industri kreatif Jabar

KPID Jabar Kembali Gelar Anugerah Penyiaran 2022Analog Switch Off. (instagram.com/siarandigitalindonesia)

Selain itu, Kepala Bidang Iinformasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar, Faiz Rahman mengatakan, ia mendorong penerapan ASO untuk membangkitkan industri kreatif terutama di dunia penyiaran di Jabar.

"Yang kita harapkan ASO ini mendorong semakin banyak lahirnya industri kreatif di Jawa Barat, sehingga pertumbuhan ekonomi juga ikut terangkat," ujar Faiz.

3. Berharap kegiatan berjalan secara lancar

KPID Jabar Kembali Gelar Anugerah Penyiaran 2022Ilustrasi seorang anak sedang menonton televisi. (Pixabay.com/mojzagrebinfo)

Selain itu, Pelaksana Tugas Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyambut baik digelarnya Anugerah Penyiaran KPID Jabar di Kabupaten Bekasi. Menurutnya, secara tidak langsung hal itu akan membantu perekonomian Kabupaten Bekasi.

"Semoga semuanya berjalan lancar, dan fasilitas kami di sini kiranya bisa menunjang kebutuhan KPID dalam menggelar acara ini" ujar Dani.

4. Berbagai macam kategori penganugerahan

KPID Jabar Kembali Gelar Anugerah Penyiaran 2022Ruang penyiaran Radio Suara Lamogan. IDN Times/Imron

Ketua Panitia Anugerah Penyiaran KPID Jabar 2022 Jalu Priambodo menjelaskan, dalam gelaran kali ini ada 22 penghargaan yang akan dibagikan kepada Lembaga Penyiaran (LP) dan masyarakat umum, yang terbagi ke dalam beberapa kategori.

"Ada kategori Program, ILM (Iklan Layanan Masyarakat), Kepala Daerah Peduli Penyiaran, Lembaga Penyiaran Kolaboratif, dan lain-lain," kata Jalu.

Menurut Jalu, di Anugerah Penyiaran tahun ini ada beberapa kategori baru yang dihadirkan untuk lebih meluaskan apresiasi KPID Jabar terhadap peran lembaga penyiaran dan masyarakat terhadap dunia penyiaran.

"Yang baru itu di antaranya kategori LP Peduli Disabilitas, LP Kolaboratif, dan LP Teladan," tuturnya.

Jalu berharap, 437 lembaga penyiaran yang ada di Jabar bisa berpartisipasi langsung dan ikut menyukseskan kegiatan Anugerah Penyiaran KPID Jabar ke-15 tahun ini.

Baca Juga: KPID Jabar: Live Breaking News Pinjol Ilegal Memuat Unsur Pornografi

Baca Juga: Tak Respon Kisruh KPID Sumut, Gubernur Edy Dikirimi Somasi Kedua

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya