Komedian Komeng Menang Sementara di Pemilihan DPD RI Jabar 2024

Selain Komeng ada juga artis Jihan Fahira

Bandung, IDN Times - Komedian Alfiansyah "Komeng" Bustami mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Jawa Barat (Jabar) 2024. Komeng berada di urutan pertama dari 54 calon senator Jabar.

Berdasarkan real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Kamis (15/2/2024) pagi, hingga pukul 11.00 WIB, Komeng memperoleh hasil suara sementara sebanyak 202,599 suara atau 8,34 persen.

Selain Komeng, ada juga artis Jihan Fahira yang berada di urutan ketiga dengan suara 87.077 atau 3,58 persen. Urutan kedua masih diduduki Aanya Rina Casmayanti dengan jumlah suara 90,580 atau 3,73 persen.

1. DPD RI asal Jabar hanya akan diisi empat orang

Komedian Komeng Menang Sementara di Pemilihan DPD RI Jabar 2024potret Komeng nyoblos di TPS (tiktok.com/indradewi2242)

Setelah itu ada nama KH. Amang Syafrudin yang berada si urutan keempat dengan suara 78.302 atau 3,22 persen. Data ini sendiri berasal dari 47.481 TPS dari 140.457 TPS atau 33.80 persen yang diterima KPU Jawa Barat.

Komisioner KPU Jabar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pemilih Hedi Ardhia mengatakan, pemilihan DPD Jawa Barat 2024 diikuti oleh 54 peserta. Mereka nantinya memperebutkan empat kursi yang tersedia.

"Dari DPT 35 juta lebih diperebutkan 54 orang dan yang diambil DPD empat orang," ucap Hedi di Kantor KPU Jawa Barat, Kamis (15/2/2024).

2. KPU Jabar beri komentar soal foto Komeng

Komedian Komeng Menang Sementara di Pemilihan DPD RI Jabar 2024potret Komeng nyoblos di TPS (tiktok.com/indradewi2242)

Mengenai foto Komeng yang berbeda dibanding calon lainnya, Hedi menjelaskan, foto tersebut dimasukkan ke surat suara berdasarkan kesepakatan KPU dan peserta pemilu. Sehingga hal itu tidak menjadi persoalan bagi kedua belah pihak.

"Sebelum pencetakan sudah approval dari masing-masing calon," kata dia.

3. Foto Komeng tidak langgar aturan

Komedian Komeng Menang Sementara di Pemilihan DPD RI Jabar 2024Detik

Lebih lanjut, Hedi memastikan ia tidak bisa berkomentar lebih jauh soal pemilihan foto Komeng dalam surat suara. Menurutnya, bisa jadi penggunaan foto itu merupakan bagian dari strategi marketing calon anggota DPD RI asal Jabar itu.

Dalam pemilihan pose foto, kata dia, tidak ada aturan yang dilanggar. KPU sendiri sudah berkoordinasi dengan semua calon untuk memilih foto mana yang akan ditampilkan dalam surat suara.

"Di aturan (KPU) norma tidak ada yang dilanggar," kata dia.

Baca Juga: 7 Potret Komeng Nyoblos di TPS, Unggul Suara Jauh dari Lawannya!

Baca Juga: Viral karena Fotonya, Komeng Justru Kalah di TPS Terpencil KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya