Ketum Partai Pengusung Jadi Penentu RK Bacawapres Ganjar di Pilpres 2024

PDIP Jabar belum dapat informasi pasti soal duet Ganjar-RK

Bandung, IDN Times - Calon wakil presiden (Bacawapres) Ganjar Pranowo masih belum mengerucut ke mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias RK. Saat ini masih ada lima nama yang berpotensi dipinang Ganjar untuk Pilpres 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai (DPD) Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat, Ono Surono mengatakan, informasi mengenai RK dipinang sebagai pendamping Ganjar Pranowo masih belum diketahuinya secara pasti.

"Saya belum tau, kalaupun ada mungkin masih ada di 5 nama sesuai yang disampaikan sekjen," ujar Ono, Senin (11/9/2023).

1. Cawapres akan ditentukan Ketua umum partai pengusung

Ketum Partai Pengusung Jadi Penentu RK Bacawapres Ganjar di Pilpres 2024Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ono menjelaskan, keputusan Cawapres Ganjar Pranowo sendiri nantinya akan ditentukan para Ketua umum partai pengusung. Sehingga untuk saat ini belum mengerucut pada satu nama termasuk RK.

"Hal itu adalah kewenangan Ibu Ketum. Kami akan menunggu keputusan Ibu Ketua Umum,  yang pasti akan mendiskusikan Cawapres untuk Mas Ganjar bersama-sama dengan para Ketum Partai yang telah bekerja sama mendukung Mas Ganjar," katanya.

2. Partai Golkar tepis isu Ridwan Kamil dipinang Ganjar

Ketum Partai Pengusung Jadi Penentu RK Bacawapres Ganjar di Pilpres 2024IDN Times/Lia Hutasoit

Untuk diketahui, rumor Ridwan Kamil jadi Cawapres Ganjar menguat sejak sepekan kemarin. Meski begitu, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily membantah informasi tersebut. Menurutnya, RK masih bersama Golkar.

"Itu kan baru isu ya. Tentu (akan ikut arahan partai) kan beliau sekarang wakil ketum (Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Bappilu, Badan Pemenangan Pemilu, Partai Golkar," ujar Ace saat dikonfirmasi, Rabu (6/9/2023).

Soal langkah politik Ridwan Kamil ke tingkat Pilpres 2024, Ace menjelaskan, hal itu tentunya akan dikoordinasikan dan diputuskan oleh partai. Sehingga kabar Ridwan Kamil mendampingi Ganjar di pilpres hanya sebatas isu.

"Jadi Pak RK yang saya tahu pasti akan terus berkordinasi dan berkomunikasi dengan Pak Airlangga Hartarto selaku ketua umum Partai Golkar, dalam mengambil langkah politiknya setelah tidak lagi jadi gubernur," katanya.

3. Duet Ganjar-RK sudah lama muncul

Ketum Partai Pengusung Jadi Penentu RK Bacawapres Ganjar di Pilpres 2024Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, kode RK dipinang oleh Ganjar sudah lama muncul. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto secara terang-terangan menyebutkan RK sosok yang tepat dampingi Ganjar. Hal itu disampaikan dalam pantun saat groundbreaking monumen Plaza Bung Karno di Taman Saparua, Kota Bandung, Rabu (28/6/2023).

"Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh karya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi, Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini," ujar Hasto.

RK juga sempat membalas pantun ini. Hanya saja, balasan masih belum mengerucut dirinya menerima kode dari Hasto. Dia hanya menyampaikan terimakasih atas kode tersebut.

"Sangat menyenangkan pantunnya, dan mengagetkan. Burung Cendrawasih, Burung Bango indah warnanya. Terima kasih Mas Hasto atas pantun-pantunnya," kata Emil.

Selain itu, pengamat politik Al-Azhar, Ujang Komarudin mengaku sudah mendengar informasi ini sejak adanya agenda kunjungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ridwan Kamil ke Tiongkok secara terpisah.

"Sebulan lalu saya dapat info ketika Jokowi ke Cina dan Ridwan Kamil sudah ada di Cina, dan ada skema untuk menduetkan Ridwan Kamil Cawapresnya Ganjar Pranowo, makanya sekarang muncul duet RK-Ganjar, info itu sudah sebulan yang lalu, informasi belakang layar," katanya.

Baca Juga: Hasto PDIP: AHY Jadi Cawapres Ganjar, Tergantung Megawati

Baca Juga: Relawan Gerakan Ganjar Nilai Sandiaga Tepat Jadi Bacawapres di 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya