Kereta Api Baru Relasi Gambir-Garut Diharapkan Bisa Dongkrak Wisatawan

Kehadiran KA baru itu diyakini meningkatkan ekonomi warga

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan dua kereta api baru untuk wilayah Jawa Barat. Dua kereta api ini yaitu, KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP).

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin berharap, pengoperasian dua kereta ini bisa turut memperkuat konektivitas dan membangkitkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan Banjar.

"Dioperasikannya KA Papandayan dan Pangandaran barang tentunya akan memperkuat konektivitas antar kota dan antar daerah di Jawa Barat serta membuka lebih banyak lagi pintu keluar untuk pertumbuhan ekonomi," ujar Bey dalam kegiatan peresmian pengoperasian KA Papandayan dan Pangandaran di Garut, Rabu (24/1/2024).

1. Garut merupakan tempat yang pas untuk wisata

Kereta Api Baru Relasi Gambir-Garut Diharapkan Bisa Dongkrak Wisatawan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey melanjutkan, Kabupaten Garut merupakan daerah yang kental dengan sektor pariwisata. Dia meminta agar Pj Bupati Garut turut memanfaatkan kesempatan ini untuk memajukan perekonomian warga khususnya di sektor pariwisata.

"Kabupaten Garut ini sangat terkenal dengan pariwisatanya dan juga kulinernya ada dodol dan burayot. Ini semuanya berasal dari Garut," ucapnya.

2. KA baru memperbanyak pilihan penumpang

Kereta Api Baru Relasi Gambir-Garut Diharapkan Bisa Dongkrak Wisatawan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran KA Papandayan dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA kepada pelanggan kereta api khususnya dari Stasiun Garut ke Gambir.

"Untuk Stasiun Garut ke Gambir selama ini hanya dilayani oleh KA Cikuray relasi Garut-Cibatu-Kiaracondong-Pasarsenen," ujar Didiek.

3. KA komitmen terus meningkatkan pelayanan

Kereta Api Baru Relasi Gambir-Garut Diharapkan Bisa Dongkrak Wisatawan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Adapun peluncuran KA Pangandaran memberikan pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya. Didiek memastikan, KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui dua kereta baru ini.

"Peluncuran KA-KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," kata dia.

Untuk diketahui, tarif KA Papandayan dibanderol dengan harga Rp252.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp156.000 untuk kelas ekonomi. Adapun tarif KA Pangandaran dibanderol dengan harga Rp296.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp180.000 untuk kelas ekonomi.

Untuk waktunya, KA Papandayan:
- Berangkat dari Stasiun Garut pkl 12.30 WIB, tiba di Stasiun Gambir pkl 17.45 WIB (berangkat dari Stasiun Bandung pkl 15.00 WIB)
- Berangkat dari Stasiun Gambir pkl 06.30 WIB, tiba di Stasiun Garut pkl 11.20 WIB (tiba di Stasiun Bandung pkl 09.15 WIB)

KA Pangandaran:
- Berangkat dari Stasiun Banjar pkl 16.55 WIB, tiba di Stasiun Gambir pkl 00.49 WIB (berangkat dari Stasiun Bandung pkl 22.00 WIB).
- Berangkat dari Stasiun Gambir pkl 09.30 WIB, tiba di Stasiun Banjar pkl 16.25 WIB (tiba di Stasiun Bandung pkl 12.15 WIB)

Baca Juga: Bey Tak Lanjutkan Program Sekoper Cinta Milik Ridwan Kamil

Baca Juga: Kontribusi ke PAD Merosot, Bey Benahi BUMD

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya