Keran Jemaah Umrah Dibuka, Begini Tanggapan Kemenag Kota Bandung

Agen umrah diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan

Bandung, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung pastikan keran jemaah umrah akan di buka pada pertengahan bulan November 2020. Sejumlah agen travel umrah saat ini juga sudah diizinkan beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan virus corona (COVID-19).

Humas Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Agus Saparudin mengatakan, sesuai dengan arahan dari kemenag pusat, jemaah umrah pada bulan ini akan diizinkan berangkat pasca sebelumnya terdampak pandemik corona.

"Pastinya bulan November 2020 ini, nanti ada aturan mainnya lah ya. Aturannya banyak yah," ujar Agus saat dihubungi, Kamis (5/11/2020).

1. Kemenag Bandung sudah kumpulkan seluruh agen travel umrah di Kota Bandung

Keran Jemaah Umrah Dibuka, Begini Tanggapan Kemenag Kota BandungJemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Ia menjelaskan, beberapa aturan yang pasti sesuai Kemenag pusat yakni tentang adanya batasan jemaah umrah dan penerapan protokol kesehatan pun harus diterapkan lebih ketat. Selain itu, jemaah juga akan diberikan karantina khusus.

"Sejumlah agen travel umrah sudah kita kumpulkan dan mereka sudah tahu, sudah diberikan arahan wawasan terkait dengan ini," ungkapnya.

2. Agen travel umrah belum berikan jumlah jemaah yang siap diberangkatkan

Keran Jemaah Umrah Dibuka, Begini Tanggapan Kemenag Kota BandungPetugas dikerahkan Kementerian Haji Saudi untuk mengawasi calon jemaah umrah (www.twitter.com/@HaramainInfo)

Agus menuturkan, untuk aturan pemberangkatan jemaah semuanya akan diatur secara teknis oleh agen masing-masing. Sebab, Kemenag hanya mengatur secara teknis untuk jemaah haji saja dan tidak ada kesenangan untuk umrah.

"Sementara ini kita belum ada data jumlahnya dari Kota Bandung berapa, karena para travel umrah-nya belum memberikan laporan detilnya di November 2020 ini," jelasnya.

3. Kemenag Bandung belum pastikan kapan jemaah umrah berangkat ke tanah suci

Keran Jemaah Umrah Dibuka, Begini Tanggapan Kemenag Kota BandungSituasi Bandara King Abdul Aziz di Jeddah (www.twitter.com/@HaramainInfo)

Ia memastikan, saat ini Kemenag Kota Bandung masih melakukan persiapan dan sosialisasi tentang aturan melangsungkan ibadah umrah di tengah pandemik corona. Menurutnya, tanggal pasti keberangkatan jemaah umrah masih belum dipastikan secara jelas.

"Masih persiapan setelah ada surat dari Kemenag, Ini kita masih menunggu kepastian pusat, baru nanti kita teruskan ke travel umrah," katanya.

4. Wali Kota Bandung imbau jemaah terapkan protokol kesehatan dengan ketat

Keran Jemaah Umrah Dibuka, Begini Tanggapan Kemenag Kota BandungSiti Fatonah IDN Times Jabar/ Wali Kota Bandung Oded M Danial

Wali Kota Bandung Oded M. Danial sebelumnya mengaku bersyukur atas di bukannya keran jemaah umrah di tengah pandemik virus corona. Ia juga menghimbau agar jemaah atau agen travel umrah menerapkan protokol secara ketat.

"Alhamdulilah ya, saya sampaikan kepada travel umrah tetap jaga protokol kesehatan, perhatikan itu dengan ketat," imbau Oded di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Rabu (4/11).

Baca Juga: Jemaah Indonesia Mulai Ibadah Umrah usai Karantina

Baca Juga: Sudah Bisa Umrah, Biro Perjalanan Mulai Buka Layanan ke Tanah Suci

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya