Kepala Bapenda Jabar Diganjar Penghargaan Layanan Publik Terbaik

Bapenda Jabar dinilai banyak lakukan transformasi digital

Bandung, IDN Times - Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) Dedi Taufik diganjar penghargaan Indonesia Visioner Leader (IVL) kategori Best In Public Services Digital Transformation oleh salah satu media nasional beberapa pekan lalu.

Penghargaan diberikan karena Bapenda Jabar atas inovasinya dalam upaya memodernisasi pelayan publik untuk mempermudah masyarakat membayar pajak, salah satunya lewat Samsat Digital di Leuwipanjang dan Aplikasi Mobile Sambara.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan invoasi. Dari Bapenda sendiri, fokus utamanya adalah memudahkan masyarakat dan optimalisasi layanan. Dengan layanan digital ini harapannya semua proses lebih cepat dan lebih baik," ujar Dedi Taufik, dikutip Senin (30/10/2023).

1. Perubahan digital telah banyak dilakukan

Kepala Bapenda Jabar Diganjar Penghargaan Layanan Publik Terbaik(Istimewa)

Dedi menjelaskan, layanan digital telah mempermudah wajib pajak di Jawa Barat. Masyarakat kini tidak perlu mencetak bukti pembayaran pajak kendaraan tahunan karena akan dikirimkan lewat aplikasi e-mail dan WhatsApp langsung ke wajib pajak.

Selain itu, dalam praktiknya, lanjut Dedi, seluruh transaksi dari proses pembayaran wajib pajak menggunakan pembayaran non-tunai, baik QRIS, virtual account dan mesin EDC atau kartu debit.

"Kami sudah melakukan perubahan, terutama ada Samsat Leuwipanjang yang menjadi role model, yang akan dicontoh oleh nasional, terutama Tim Pembina Samsat Nasional, yaitu Polantas, Kementerian Dalam Negeri, dan Jasa Raharja," katanya.

2. Transformasi digital memudahkan layanan publik

Kepala Bapenda Jabar Diganjar Penghargaan Layanan Publik TerbaikWeb Bapenda

Dedi menambahkan, semua inovasi hingga digitalisasi pembayaran dilakukan sesuai dengan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yang diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia.

Dedi mengungkapkan, kehadiran pelayanan ini merupakan hasil dari kolaborasi dengan Tim Pembina Samsat Nasional, Korlantas Kemendagri, dan Jasa Raharja.

"Kami mencoba berbenah diri, yaitu dengan melakukan transformasi digitalisasi bagaimana memberikan kepuasan pelanggan, terutama dalam hal pembayaran pajak," katanya.

3. Ada dua pelayanan digital yang kini banyak digunakan masyarakat Jabar

Kepala Bapenda Jabar Diganjar Penghargaan Layanan Publik TerbaikBapenda Jabar

Samsat Digital Leuwipanjang merupakan Samsat pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pembayaran pajak lima tahunan secara drive thru, sehingga tidak perlu mengantre, fotocopy berkas dan mengisi formulir. Selain itu, Samsat ini dapat memberikan layanan yang jauh lebih cepat daripada layanan sebelumnya.

Sedangkan Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat) adalah inovasi layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan yang berupa aplikasi smartphone berbasis Android dan iOS. Dengan hadirnya Sambara di Aplikasi Sapawarga, wajib pajak dapat mengakses layanan pembayaran pajak tahunan di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Bapenda Jabar Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan hingga Desember 2023

Baca Juga: Bapenda Jabar Kaji Denda Pajak Emisi Kendaraan di Ambang Batas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya