Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol Jabodetabek Saat Arus Mudik 2024

Kendaraan berat masuk tol akan langsung dialihkan

Bandung, IDN Times - Seluruh kendaraan berat dilarang masuk dan melintasi jalan tol wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) saat arus mudik dan balik lebaran 2024. Jasa Marga memastikan, petugas akan berjaga ketat menghalau agar kendaraan berat ini tidak masuk tol.

Larangan alat berat masuk tol saat arus mudik 2024 sudah disepakati oleh kepolisian. Senior General Manager, Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division, Widiyatmoko mengatakan, jika ada hal yang mendesak, mobil berat bisa lewat dengan koordinasi dari pihak kepolisian.

"Nanti bersama kepolisian dan perhubungan akan mengalihkan kalau ada kendaraan berat hendak masuk tol, dan itu situasional," ujar Widiyatmoko, dikutip Selasa (26/3/2024).

1. Alat berat dilarang masuk tol mulai 6 April 2024

Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol Jabodetabek Saat Arus Mudik 2024Ilustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Jasa Marga dan instansi terkait dalam pelaksanaan arus mudik 2024 sudah memberikan imbauan pada para pemilik kendaraan berat agar tidak nekat masuk tol. Adapun larangan ini juga berlaku saat arus balik usai lebaran.

"Kalau imbauan sudah tidak diperkenankan masuk tol pada periode sebelum H minus tanggal 4 atau 6 April itu sudah tidak diperbolehkan masuk tol sampai tanggal 15," katanya.

2. Gerbang tol akan ada penjaga untuk menghalau kendaraan berat

Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol Jabodetabek Saat Arus Mudik 2024Ilustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Jasa Marga juga akan menerjunkan tim untuk khusus menjaga agar kendaraan berat tidak nekat menerobos masut tol. Dia meminta agar para pemilik kendaraan berat bisa mengikuti aturan yang ada dan tidak memaksakan masuk ke jalan tol saat arus mudik dan balik 2024.

"Pintu tol nanti akan dijaga dan bila perlu ada posko penyaringan atau filterisasi dari kendaraan tersebut, seperti dari Sadang yang lolos dari Cikampek akan dibuang ke Sadang. Kalau ada lolos dari Padaleunyi akan dibuang ke Cikamuning atau Padalarang," katanya.

3. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada enam April 2024

Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol Jabodetabek Saat Arus Mudik 2024Ilustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Sebelumnya Widiyatmoko mengatakan, jumlah kendaraan yang akan melakukan mudik lebaran 2024 di wilayah Jabodetabek melalui jalan tol ada sebanyak 1,8 juta. Volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2023 dan pada tahun sebelum-sebelumnya.

Sementara, untuk puncak arus mudik di jalan tol akan terjadi pada H-5 lebaran. Untuk puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada 15 April 2024.

"Untuk arus mudik, puncaknya diprediksi terjadi pada tanggal 6 April 2024, di tanggal itu peningkatan kedatangan mulai terjadi. Kalau arus balik tanggal 15 April 2034," kata dia.

Baca Juga: 37 Juta Warga Jabar Diprediksi Berangkat Mudik Lebaran 2024

Baca Juga: Diterpa Banjir Longsor, Jabar Belum Terapkan Status Darurat Bencana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya