Kemenag Jabar Pastikan Asrama Haji Indramayu Bisa Dipakai Tahun Depan

Pembangunan Asrama Haji Indramayu terus berposes

Bandung, IDN Times - Kantor Perwakilan Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Barat (Jabar) memperingati hari santri dengan menggelar gerak jalan kerukunan di Kabupaten Indramayu. Gerak jalan ini sekaligus memperkenalkan Asrama Haji Indramayu.

Dalam kegiatan ini ada ribuan santri dan pegawai kantor Kemenag se-Jabar. Mereka berjalan sekitar 4 kilometer, yang dimulai dari Kampus Politeknik Negeri Indramayu dan berakhir di Asrama Haji Indramayu. Usai gerak jalan, para peserta langsung menggelar istighosah atau doa bersama.

1. Perkenalkan Asrama Haji Indramayu lewat gerak jalan kerukunan

Kemenag Jabar Pastikan Asrama Haji Indramayu Bisa Dipakai Tahun DepanGerak Jalan Kerukunan (Istimewa)

Dalam kegiatan ini, hadir juga Sekjen Kemenag pusat, Prof. Nizar. Dia mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk memperkenalkan Asrama Haji Indramayu kepada publik. Rencananya asrama haji akan digunakan sebagai embarkasi haji asal Jawa Barat pada tahun 2023.

"Selain Bekasi, kami akan bekerjasama dengan semua pihak supaya pemberangkatan jemaah haji di wilayah Jabar seyogyanya bisa berangkat dari Bandara yang dimiliki oleh Jawa Barat, yakni Kertajati," kata Nizar, melalui keterangan resmi, Sabatu (29/10/2022).

2. Asrama Haji Indramayu paling dekat dengan BIJB Kertajati

Kemenag Jabar Pastikan Asrama Haji Indramayu Bisa Dipakai Tahun DepanGerak Jalan Kerukunan (Istimewa)

Estimasi waktu dari Asrama Haji Indramayu menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati juga terbilang dekat. Sehingga, jemaah bisa lebih menghemat waktu dan tidak terlalu kelelahan dalam beribadah.

"Kalau semua ke Bekasi terlalu banyak dan bisa memangkas jarak. Apalagi di asrama haji ini fasilitasnya lebih lengkap, ada ruang untuk manasik, termasuk ada ruangan untuk keluarga yangp mengantarkan jemaah," katanya.

3. Asrama Haji Indramayu bisa menampung sekali pemberangkatan

Kemenag Jabar Pastikan Asrama Haji Indramayu Bisa Dipakai Tahun DepanSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Embarkasi Indramayu ini memang belum 100 persen selesai pembangunannya. Namun, Nizar mengatakan, sudah ada beberapa bangunan yang bisa digunakan. Maka itu menurutnya, asrama sudah bisa digunakan sembari pembangunan lainnya.

"Untuk satu kloter atau satu kali pemberangkatan saja sudah cukup. Jadi yang saru masuk yang satu keluar. Sudah clear kan. Jadi secara operasional sudah bisa digunakan," ucapnya.

4. Pembangunan Asrama Haji Indramayu sudah 50 persen

Kemenag Jabar Pastikan Asrama Haji Indramayu Bisa Dipakai Tahun DepanIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sedangkan, Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, pembangunan asrama haji ini baru sekitar 50 persen. Namun, sudah ada sekitar 130 kamar tidur yang bisa digunakan terlebih dahulu untuk jemaah.

"Kami menargetkan Mei 2023 asrama haji ini sudah bisa digunakan untuk pemberangkatan jemaah haji. Sedangkan untuk umroh sudah bisa digunakan November 2022 ini," katanya.

Ajam menjelaskan, luas asrama haji mencapai 13 hektare. Sealain asrama, nantinya akan didirikan museum haji, mockup pesawat, dan tempat manasik haji.

Baca Juga: Perkuat Moderasi, Kemenag Gelar Puncak Festival dan Gebyar PAI 2022

Baca Juga: Kemenag Gelar Simposium Hari Santri, Harap Munculkan Gagasan Baru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya