Kemenag Jabar Imbau Masyarakat Tak Antar Jemaah Haji Sampai Asrama

Pengantar cukup sampai tempat asal

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat mengimbau agar keluarga atau rekan jemaah haji tidak mengantar hingga asrama. Masyarakat diminta mengantarkan calon jemaah cukup dari rumah.

"Kami mengimbau jemaah untuk melepas jemaah cukup di daerah tempat akan berangkat, jadi tidak perlu mengantas ke asraman haji," ujar Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kemenag Jawa Barat, Boy Hari Novian, Senin (6/5/2024).

1. Kegiatan seremonial penyambutan jemaah haji akan dibatasi

Kemenag Jabar Imbau Masyarakat Tak Antar Jemaah Haji Sampai AsramaPinterest

Boy mengatakan, pada tahun ini Kementerian Agama memberikan aturan baru soal kegiatan pelepasan calon jemaah haji. Kegiatan pelepasan yang pada tahun sebelumnya dilakukan itu, kini dipastikannya akan dipercepat guna memberikan efisiensi waktu.

"Karenan tahun ini ada kebijakan baru dari kemenag bahwa tidak akan ada seremony penerimaan jemaah yang terlalu lama karena kita mengutamakan kenyamanan jemaah jadi penyambutan jemaah tidak akan lama kalau ada paling 30 menit," katanya.

2. Pj Gubernur juga minta pengantar tidak di asrama

Kemenag Jabar Imbau Masyarakat Tak Antar Jemaah Haji Sampai AsramaIlustrasi ibadah umrah dan haji (Pexels.com/Zawawi Rahim)

Sementara Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin juga mengimbau agar masyarakat tidak berbondong-bondong mengantarkan calon jemaah ke asrama haji. Hal ini disebabkan karena keterbatasan tempat khususnya di asrama haji Indramayu.

"Pengantar kita sarankan langsung ke BIJB Kertajati. Pengantar boleh parkir disini (Asrama Haji Indramayu) tapi kalau bisa disarankan tidak usah ngabring raramean (berangkat rame-rame)," kata Bey, saat meninjau Asrama Haji Indramayu, Jumat (3/5/2024).

3. Total jemaah haji asal Jabar dibagi 93 kloter mulai berangkat pekan ini

Kemenag Jabar Imbau Masyarakat Tak Antar Jemaah Haji Sampai Asramailustrasi jamaah haji dan umrah berkeliling mengitari Ka'bah (unsplash.com/ibrahim uz)

Untuk diketahui, total jemaah haji Embarkasi Kertajati berjumlah 13.050 orang dibagi dalam 30 kloter. Mereka akan mulai masuk asrama haji Indramayu pada 11 Mei 2024. Sementara kloter pertama akan mulai berangkat pada 12 Mei.

Sementara itu, jemaah haji Jabar Embarkasi Bekasi Soekarno Hatta berjumlah 27.161 orang. Mereka nantinya akan dibagi dalam 63 kloter. Total keseluruhan kloter haji asal Jawa Barat ada 93.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman mengatakan, jemaah asal Kota dan Kabupaten Bandung akan melebur jadi satu dengan jemah asal Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Subang dan Sumedang.

"Total jemaah yang berangkat dari BIJB Kertajati mencapai 13.200 orang yang terdiri dari 13.050 jemaah dan 150 petugas haji. Ini semua dari daerah asal Ciayumajakuning, Subang, Sumedang, Kota dan Kabupaten Bandung," ujar Faiz, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga: 40.201 Calon Jemaah dan Petugas Haji Asal Jabar Berangkat Pekan Ini

Baca Juga: Realisasi Investasi Jabar di Triwulan I 2024 Capai Rp64,65 Triliun

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya