Kedelai Susah Dicari, Pengrajin Tahu Kota Bandung Naikan Harga Jual

Pengrajin tahu dan tempe banyak uang menjerit

Bandung, IDN Times - Pengrajin tahu dan tempe di Kota Bandung terpaksa harus menaikan harga jual demi melanjutkan usahanya. Faktor terbesar dari kenaikan ini tak lain akibat adanya kelangkaan bahan dasar yaitu kacang kedelai.

Salah satu pengrajin tahu di Jalan Terusan Pasirkoja, Kota Bandung, Hana Hadiana mengatakan, akibat kelangkaan kedelai akhirnya harga melambung tinggi. Produksi tahu pun akhirnya terkendala.

"Harga kacang kedelai sudah mencapai Rp9.400 satu kilogramnya, bahan pun sulit dicari," ujar Hana saat ditemui awak media di pabriknya, Senin (4/1/2021).

1. Dampak kenaikan kedelai sangat dirasakan pengrajin tahu di Kota Bandung

Kedelai Susah Dicari, Pengrajin Tahu Kota Bandung Naikan Harga Jual(Pengrajin tahu di Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menjelaskan, kenaikan ini dirasakan cukup signifikan dibanding tahun sebelum- sebelumnya. Hana mengaku, keadaan saat ini merupakan yang paling berpengaruh selama Ia memproduksi tahu di Kota Bandung.

"Berdampak banget, berdampaknya buat produksi agak susah, kan kenaikannya agak lumayan besar. Kenaikannya sudah dari kemarin kan Rp6.800 sekarang Rp9.400," ungkapnya.

2. Kenaikan harga jual tahu hampir 18 persen

Kedelai Susah Dicari, Pengrajin Tahu Kota Bandung Naikan Harga Jual(Pengrajin tahu di Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Demi menjaga produksi tetap berjalan dan roda perekonomian tetap bergerak. Ia menjelaskan, akhirnya mengambil langkah untuk mengurangi bentuk jual tahu ke pasaran. Meskipun, hal ini dirasakannya sangat membuat kecewa para pembeli.

"Mulai hari ini sudah kita naikin, sekarang yang tadinya Rp400 kita naikin Rp500, yang tadinya Rp700 jadi Rp800, yang tadinya Rp325 jadi Rp375, hampir kita naikan 18 persen," katanya.

3. Saat ini pengrajin hanya produksi satu ton untuk satu hari

Kedelai Susah Dicari, Pengrajin Tahu Kota Bandung Naikan Harga Jualpexels.com/Polina Tankilevitch

Hana menambahkan, dampak dari langkanya kacang kedelai tidak hanya di rasakan pengrajin tahu tempe di Kota Bandung. Ia mengatakan, hal ini dirasakan hampir seluruh pengrajin di Jabodetabek.

"Pada kondisi normal jumlah tahu yang diproduksi mencapai tiga ton sedangkan saat ini baru mencapai satu ton. Kacang kedelai sangat sulit," katanya.

4. Stok kedelai banyak disediakan dari importir

Kedelai Susah Dicari, Pengrajin Tahu Kota Bandung Naikan Harga Jualaryanto.id

Ia berharap dalam waktu dekat masalah ini bisa diselesaikan dan produksi tahu dan tempe kembali berjalan secara normal. Apalagi, kondisi pandemik ekonomi harus tetap bergerak dan tidak terhenti.

"Kalau bahan baku kita mengambil dari importir, kedelai lokal tidak ada, kita cari ke importir ini ke importir ini," kata dia.

Baca Juga: Harga Kedelai di Jatim Tembus Rp9 Ribu per Kilogram, Ini Faktornya

Baca Juga: Mentan: Harga Kedelai Mahal Tidak Hanya Terjadi di Indonesia 

Baca Juga: Mentan: Harga Kedelai Mahal Tidak Hanya Terjadi di Indonesia 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya