Kasus Corona Meningkat, Oded Tentukan Status Kota Bandung Besok! 

Saat ini Kota Bandung masih melakukan AKB

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung akan segera menentukan status penanggulangan penularan virus corona pada Jumat(11/9/2020), besok. Hal itu melihat dari meningkatnya kembali kasus penularan virus corona dalam beberapa sepekan terakhir.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, keputusan penanggulangan COVID-19 di Kota Bandung akan tetap menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Mikro akan ditentukan pada Jumat(11/9/2020).

"Belum, masih dievaluasi. Insyaallah dalam waktu cepat (diputuskan dalam ratas), besok," kata Oded di Balaikota Bandung, Kamis(10/9/2020).

1. Pemkot Bandung masih kumpulkan data

Kasus Corona Meningkat, Oded Tentukan Status Kota Bandung Besok! Dok. Humas Pemkot Bandung

Oded menyebutkan, keputusan diberlakukannya PSBB/PSBM atau melanjutkan AKB dilakukan setelah Ketua Harian Satgas Penangulangan COVID-19 mengumpulkan data untuk dievaluasi.

"Saya sampaikan dari kemarin, hari ini saya masih dalam evaluasi dengan ketua harian, masih evaluasi. Secepatnya, besok ratas," ujar Oded.

2. PSBB Bandung belum diputuskan

Kasus Corona Meningkat, Oded Tentukan Status Kota Bandung Besok! IDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengaku belum ada pembahasan soal PSBB kembali diterapkan di Kota Bandung. Dia menyebutkan, keputusan penetapan kebijakan penanggulangan COVID-19 akan ditentukan dalam rapat terbatas Forkopimda, Jumat. "Pasti, besok dibahas di ratas. Cuma apakah PSBB atau AKB diperketat, nanti kita nyiapin bahan nih, pimpinan yang ngambil kebijakan," ucapnya.

3. Kemungkinan Bandung tidak akan PSBB, tetapi AKB diperketat

Kasus Corona Meningkat, Oded Tentukan Status Kota Bandung Besok! IDN Times/Humas Bandung

Ema menyebut, untuk melakukan PSBB kembali maka alurnya harus langsung ke kementerian kesehatan. Sedangkan, opsi AKB ini masih dalam pertimbangan. Adapun jika AKB diterapkan maka akan lebih dimaksimalkan.

"Kalau kita kecenderungan mungkin dari hasil kita, AKB yang diperketat, cuma modelnya bagaimana hari ini saya mau bicarakan. Saya hari ini outputnya menyiapkan bahan, ekspos bahan untuk pimpinan besok," katanya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Terus Naik, Pemkot Bandung Siap Terapkan PSBM

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya