Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Jabar Perketat Pintu Masuk

Pemeriksaan ketat dilakukan di bandara-maskapai penerbangan

Bandung, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan kasus pertama penyakit cacar monyet telah ditemukan di Jakarta. Kasus ini ditemukan setelah sebelumnya ada 23 warga Indonesia yang dinyatakan suspek.

Dengan adanya kasus ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan penjagaan ketat di sejumlah pintu masuk wilayah Jabar. Salah satunya dengan menerapkan penjagaan ketat di maskapai penerbangan.

"Ada antisipasi sesuai Kemenkes, seluruh maskapai kami melakukan skrining ketat bila ada gejala khas di ruang wajah telapak tangan dan ditemukan penumpang langsung di periksa dan identifikasi," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Jabar, dr. Ryan Bayusantika Rusnandi, Selasa (23/8/2022).

1. Skrining di bandara diperketat

Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Jabar Perketat Pintu MasukIDX Channel

Selain mitigasi dalam maskapai penerbangan, Ryan mengatakan, penjagaan ketat juga dilakukan di dalam bandara itu sendiri. Menurutnya, semua kesiapan untuk mengantisipasi terjadinya cacar monyet telah dilakukan Pemprov Jabar.

"Di bandara sendiri pada saat masuk di sekirning tubuh dan diperketat pintu masuk, terutama dari negara Singapura yang ada positif cacar monyet," ungkapnya.

2. Cacar Monyet lebih mudah diidentifikasi

Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Jabar Perketat Pintu Masukilustrasi cacar monyet (netec.org)

Ryan menjelaskan, penanganan cacar monyet sendiri berbeda dengan COVID-19. Menurutnya, dari segi penyebarannya juga tidak melalui udara seperti virus corona. Kemudian, dari gejalanya juga tidak sama.

"Ini lebih mudah ditangani pertama ada gejala khas cacar monyet langsung diisolasi karena khas sekali di wajah. Penularan sulit harus ada kontak kulit atau pakaian atau yang sering dipakai seperti handuk dan sprei jadi penularan sulit dan tidak seperti COVID-19 dari pernapasan," kata dia.

3. Kemenkes umumkan satu orang warga Indonesia terinfeksi cacar monyet

Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Jabar Perketat Pintu Masukiustrasi cacar monyet (pixabay.com/geralt)

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengumumkan pihaknya telah menemukan satu kasus monkeypox atau cacar monyet pertama di Indonesia. Dia mengatakan satu orang pasien terkonfirmasi positif cacar monyet ini ditemukan di DKI Jakarta.

"Satu ini sudah terkonfirmasi tadi malam, sudah dilakukan langkah-langkah surveillance," kata dia dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Syahril menjelaskan bahwa pasien yang terkonfirmasi cacar monyet ini adalah pria berusia 27 tahun. "Keadaannya baik, artinya tidak sakit berat," ujar dia.

Dia mengatakan, pasien ini tidak masuk ruang isolasi dan hanya melaksanakan isolasi di rumah. Sejauh ini, ada 23 kasus suspect cacar monyet.

Adapun sebanyak 22 di antaranya discarded atau dinyatakan negatif cacar monyet, sedangkan satu yang diumumkan hari ini sebagai pasien positif.

Baca Juga: IDI Jateng Minta Warga Jauhi Monyet dan Tikus Agar Tidak Tertular Cacar Monyet

Baca Juga: Strategi Pemkot Surabaya Waspada Cacar Monyet

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya