Kadisdik Jabar Siap Diberhentikan dari Jabatan Jika Ada Pungli di PPDB

Kadisdik Jabar janji bakal transparan di PPDB 2024

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Wahyu Wijaya menyatakan siap diberhentikan dari jabatannya jika terdapat pungutan liar (Pungli) dan jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

"Saya sudah tandatangan fakta integritas bersama Saber Pungli, saya siap diberhentikan dari jabatan kalau misalnya terbukti melakukan intervensi atau apapun atau misalnya Pungli di Proses PPD 2024," ujar Wahyu usai kegiatan Berwara Jawa Barat (Beja) di Gedung Sate, Rabu (8/5/2024).

1. Masyarakat diminta mengadukan jika ada Pungli PPDB

Kadisdik Jabar Siap Diberhentikan dari Jabatan Jika Ada Pungli di PPDB(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Wahyu mengatakan, dalam proses PPDB Jawa Barat 2024 tim anggota Saber Pungli juga akan di siap siagakan di setiap sekolah untuk meminimalisir terjadinya kecurangan berupa pungli. Dia juga mendorong agar masyarakat melaporkan langsung jika ada kecurangan.

"Silakan (lapor) by sistem, jadi data hanya di JDS (Jabar Digital Service) untuk mengadukan. Jadi kita proses, tapi pengaduan bisa jadi benar atau tidak. Kita harus buktikan kebenarannya. Tapi kita akan lakukan dan kita juga tidak akan mengekspos pengadu tapi substansi pengaduannya," jelasnya.

2. Bey juga pastikan jabatan Kadisdik dipertaruhkan di PPDB 2024

Kadisdik Jabar Siap Diberhentikan dari Jabatan Jika Ada Pungli di PPDBPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Bey juga berpesan agar PPDB Jawa Barat 2024 bersih dari Pungli dan praktik jual beli kursi. Jika terdapat hal tersebut, Bey memastikan jabatan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat yang kini diemban Wahyu Wijaya jadi taruhan.

"Kami pemerintah serius bahwa PPDB tahun ini harus terbaik, tidak ada titip-menitip, jalur orang dalam dan akan bekerjasama dengan Saber Pungli dan akan tegas pada ketidakbenaran," ucap Bey saat membuka kick off PPDB.

"Kami komit, semua transparan dan keluhan masyarakat akan dijawab segera. Dengan berani Kadisdik melakukan penandatanganan fakta integritas dan siap mempertaruhkan jabatannya," tegasnya dalam sambutannya di Kick Off PPDB Jawa Barat 2024.

3. Orang tua murid diminta tidak mencoba melakukan praktik kecurangan

Kadisdik Jabar Siap Diberhentikan dari Jabatan Jika Ada Pungli di PPDBPenjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurut Bey, PPDB harus berjalan jujur, adil dan transparan karena semua anak di Jawa Barat punya hak yang sama memperoleh pendidikan. Sehingga, kata dia, penting agar PPDB bisa dilaksanakan tanpa ada kecurangan sekecil apapun.

Bey juga mengimbau orang tua peserta didik agar tidak berpikir untuk menitipkan anaknya ke sekolah tertentu. Menurutnya, semua proses penerimaan siswa baru harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Integritas dari internal kami, itu paling penting kalau itu beres insyaallah lancar dan orang tua jangan nitip-nitip, tahun ini tidak ada. Kalau ada tunjukan ke kami, kami tindak tegas," kata dia.

Baca Juga: PPDB Jabar 2024, Bey Minta Bersih dari Pungli dan Titipan

Baca Juga: Disdik Jabar Sediakan Kuota 700 Ribu Kursi untuk SMA SMK dan SLB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya