Juni 2024, Ridwan Kamil Umumkan Maju Pilkada Jakarta atau Jabar

Ridwan Kamil ingin tetap di Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil, memastikan dirinya akan mengumumkan langkah politik untuk maju Pilkada DKI Jakarta ataukah Pilkada Jabar pada Juni 2024. Politisi Partai Golkar ini memastikan kans di dua wilayah itu besar.

"Nanti bulan Juni saya putuskan. Sama hati tetap berat ke Jabar tapi saya tidak menutup kemungkinan Jakarta, keputusan akhirnya nanti di bulan Juni sesuai survei," kata Emil usai Buka Bersama TKD Jabar di salah satu hotel di Kota Bandung, pada Sabtu (23/3/2024).

1. Ridwan Kamil genjot elektabilitas

Juni 2024, Ridwan Kamil Umumkan Maju Pilkada Jakarta atau Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil berencana bulan ini hingga Juni 2024 ia bakal fokus untuk meningkatkan elektabilitas agar dapat dengan mudah menjalin koalisi dengan partai lain. Sehingga, dia memastikan pada Juli sudah ada partai mana saja yang akan mengusungnya sebagai calon kepala daerah.

"Pencoblosan bulan November, mulai kampanye mulai September, pendaftaran bulan Agustus, perjodohan di bulan Juli, PDKT (pendekatan) di bulan Juni gitu. Jadi sekarang sampai ke Juni tingkatkan elektabilitas supaya pas PDKT dengan siapapun nyambung," katanya.

2. Ridwan Kamil berharap partai koalisi Pilpres turun ke Pilkada

Juni 2024, Ridwan Kamil Umumkan Maju Pilkada Jakarta atau Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Disinggung mengenai kemungkinan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju di Pilpres berlanjut ke Pilkada, Emil menanggapi, hal itu belum bisa dipastikan. Ia merasa koalisi Pilpres sulit kembali terjalin di Pilkada.

"Kalau ternyata kesempatan Pilkadanya juga ada pasangan yang kuat dan menjanjikan dalam koalisi 02 tentu itu menjadi pilihan utama," katanya.

3. Ridwan Kamil pastikan belum melakukan pendekatan dengan siapapun

Juni 2024, Ridwan Kamil Umumkan Maju Pilkada Jakarta atau JabarRidwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Emil menambahkan, sampai saat ini ia belum berkomunikasi dengan tokoh partai lain yang akan mendukungnya di pemilihan kepala daerah. Dia menegaskan, saat ini masih merayakan kemenangan Prabowo-Gibran.

"Kami lagi merayakan kemenangan, Pilkada masih jauh. Gak ada pembicaraan (dengan partai lain), Pilkada belum ada pembicaraan," kata dia.

Baca Juga: Tok! Melly Goeslaw-Atalia Kamil Dipastikan Lolos DPR RI Dapil Jabar I

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Jokowi Mulai Juni Berkantor di IKN

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya