JQR Bantu Pulihkan Kelistrikan Korban Gempa Cianjur 

Bantuan kelistrikan dilakukan menggunakan solar panel

Bandung, IDN Times - Jabar Quick Response (JQR) berkolaborasi dengan Komunitas Solar Generation bantu memulihkan akses listrik bagi korban gempa Cianjur. Bantuan diberikan dengan membuat instalasi listrik energi terbarukan.

Komunitas Solar Generation bergerak cepat bersama Jabar Quick Response menyusuri desa-desa yang listriknya masih padam sejak Jumat, 25 November 2022.

Tim berhasil membangun aliran listrik menggunakan energi solar panel di dua titik lokasi yakni di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang; dan Jalan Pasir Gombong, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang.

1. Kegiatan ini sekaligus untuk kampanye energi terbarukan

JQR Bantu Pulihkan Kelistrikan Korban Gempa Cianjur Pemasangan solar panel untuk korban gempa Cianjur (JQR)

Rakha Naufal dari Komunitas Solar Generation mengatakan, dengan menggunakan energi terbarukan, aksi mereka sekaligus mengampanyekan pemanfaatan potensi energi matahari menjadi energi listrik yang ramah lingkungan.

"Solar Generation merupakan komunitas anak muda yang ingin mengedukasi warga di Indonesia untuk beralih ke energi terbarukan. Kami berfokus di solar panel yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik," ujar Rakha melalui keterangan resmi, Senin (28/11/2022).

2. Pengerjaan dilakukan langsung oleh Komunitas Solar Generation

JQR Bantu Pulihkan Kelistrikan Korban Gempa Cianjur Pemasangan solar panel untuk korban gempa Cianjur (JQR)

Komunitas Solar Generation berdiri tahun 2007, namun ia sendiri baru menggelutinya sejak 2018. Sejak saat itu, mereka rutin membantu warga di desa-desa yang belum teraliri listrik atau terdampak akibat bencana.

Solar Generation telah berhasil memasang energi terbarukan menggunakan solar panel di dua titik, untuk di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, dengan memasang 2400 watt di area tenda pengungsian.

"Saat ini di Cianjur, kita membawa 2400 solar panel dan lampu emergency. Dorongan water filter ini sudah terpasang dan alhamdulillah listrik sudah bisa diakses warga untuk penerangan di sana," katanya.

Untuk setiap pemasangan, kata dia, solar panel bisa bertahan hingga 25 tahun ke depan.

3. Solar panel yang telah terpasang dimanfaatkan korban gempa

JQR Bantu Pulihkan Kelistrikan Korban Gempa Cianjur Pemasangan solar panel untuk korban gempa Cianjur (JQR)

Sementara itu, Syehabudin sebagai Komandan Operasi Bencana Gempa Cianjur mengungkapkan bahwa dampak gempa bumi ini sangat besar, salah satunya soal terputusnya penerangan.

"Wilayah sekarang pun masih ada daerah yang padam listrik karena jaringan banyak yang roboh. JQR membantu masyarakat masalah penerangan tersebut," ungkap Syehabudin.

Saat ini JQR bekerjasama dengan Komunitas Solar Generation memasang solar panel energi terbarukan di wilayah Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang. Wilayah tersebut dipilih karena masih belum tersentuh bantuan terutama soal penerangan.

"Karena kampung itu merupakan kampung terujung wilayah Cugenang, di bawah kaki gunung Gede Pangrango atau tepatnya di kebun teh Gede. Maka itu kami dorong dulu yang lebih jauh karena masih belum banyak yang menjangkau ke sana," kata dia.

Baca Juga: Bantu Gempa Cianjur, Pertamina Suplai Avtur Tiga Helikopter Polri 

Baca Juga: Basarnas Perpanjang Pencarian Korban Gempa Cianjur selama Tiga Hari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya