Jokowi Naikan BBM Hari Ini, Ridwan Kamil: Jangan Terlalu Melonjak

Kenaikan harga BBM merupakan hal yang tidak bisa dihindari

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo direncanakan akan mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Senin (29/8/2022). Adapun kabar itu disampaikan langsung oleh Menkomaves Luhut Binsar Panjaitan.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil mengatakan bahwa kenaikan merupakan hal yang tidak bisa dihindari, melihat kondisi ekonomi saat ini. Dia menyarankan agar kenaikan tidak terlalu signifikan.

"Kalau pun tidak bisa dihindari, kenaikannya tidak terlalu melonjak karena masyarakat butuh mental finansial untuk mengatur rutinitas yang tiba-tiba akan diambil oleh pos BBM ini," ujar Emil di Gedung Sate.

1. Ekonomi global tengah melonjak

Jokowi Naikan BBM Hari Ini, Ridwan Kamil: Jangan Terlalu MelonjakGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, ekonomi di banyak negara turut terdampak karena berbagai isu, salah satunya invasi Rusia ke Ukraina. Begitu pula yang terjadi pada stabilitas ekonomi di Indonesia. Sehingga, Emil meminta jika kenaikan harga BBM tetap harus dilakukan, jangan sampai melonjak signifikan.

"Secara ekonomi global kita paham, kan, ini ekonomi dunia melonjak dan ini sambil evaluasi pola pergerakan dengan pandemik ini harus dapat hikmah," ucapnya.

2. Masyarakat bisa mengurangi pergerakan dengan online

Jokowi Naikan BBM Hari Ini, Ridwan Kamil: Jangan Terlalu MelonjakRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Pandemik COVID-19 sendiri telah mengajarkan banyak pola kehidupan baru. Kata dia, hal itu bisa menjadi pembelajaran untuk menyiasati kenaikan harga BBM oleh pemerintah pusat.

"Belajar dari COVID-19, urusan bisa beres tanpa harus ada pergerakan. Mungkin ini juga bisa jadi gaya hidup baru," katanya.

3. Luhut umumkan Jokowi akan naikan harga BBM hari ini

Jokowi Naikan BBM Hari Ini, Ridwan Kamil: Jangan Terlalu MelonjakIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Jokowi akan mengumumkan kenaikan harga Pertalite dan Solar subsidi pekan depan.

"Nanti mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa bagaimana mengenai kenaikan harga ini," kata Luhut dalam Kuliah Umum Universitas Hasanuddin, Jumat (19/8/2022).

Luhut menjelaskan, Jokowi sudah menunjukkan indikasi untuk menaikkan harga BBM. Sebab, harga BBM tidak mungkin terus-terusan ditahan karena membebani APBN.

"Jadi Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan terus demikian karena kita harga BBM termurah di kawasan ini. Kita jauh lebih murah dari yang lain dan itu beban terlalu besar kepada APBN kita," tuturnya .

Baca Juga: Pemprov Jabar dan 11 Kabupaten Kota Raih Penghargaan BKN Award 2022

Baca Juga: Tak Ingin BBM Naik, Gerindra: Negara Masih Mampu Subsidi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya