Jelang Ramadan 2022, Pemprov Jabar Perkuat Pantauan Harga Bahan Pokok

Harga bapok di pasar-pasar mulai merangkak naik

Bandung, IDN Times - Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri April 2022 harga barang kebutuhan pokok (bapok) di pasaran terpantau naik. Stok beberapa bapok di pasar juga mulai menipis.

Untuk mengatasi kondisi itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan koordinasi yang lebih rutin dengan instansi terkait seperti Satgas Pangangan Polda Jabar.

"Menjelang HBKN ini, kita akan melakukan rapat koordinasi secara periodik seminggu sekali hingga dua kali. Hal itu untuk terus memantau fluktuasi atau dinamika ketersediaan dan harga," ujar Iendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar, Kamis (24/3/2022).

1. Saat HBKN, banyak dinamika yang akan terjadi di pasar

Jelang Ramadan 2022, Pemprov Jabar Perkuat Pantauan Harga Bahan PokokIlustrasi penjualan daging sapi dan daging kerbau. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Pemantauan secara berkala dan serius harus terus dilakukan. Menurut Iendra, kondisi kebutuhan pokok saat HBKN pasti akan terjadi dinamika. Hal itu, kata dia, tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat yang tinggi.

"Karena (saat HBKN) barang tersedia, tapi harganya bisa naik. Bahkan, barang tidak tersedia sehingga harga naik," ucapnya.

2. Harga cabai rawit dan daging mulai naik

Jelang Ramadan 2022, Pemprov Jabar Perkuat Pantauan Harga Bahan Pokokilustrasi cabai rawit (agustinnesia.com)

Berdasarkan informasi yang didapatkannya, Bulog secara umum menyatakan bahwa stok bapok aman samapi puasa dan lebaran. Iendra bilang, seluruh persediaan itu akan difokuskan untuk fokus HBKN 2022.

Disperindag Jabar sendiri memastikan untuk kebutuhan bapok HBKN 2022 termasuk aman.

"Tapi ada beberapa harga mulai naik. Di antaranya adalah cabai rawit yang disebabkan pasokan kurang, karena cuaca. Daging sapi pasokan berkurang karena impor Australia berkurang," ungkapnya.

3. Disperindag Jabar sudah pantau minyak goreng curah bersama Kapolri

Jelang Ramadan 2022, Pemprov Jabar Perkuat Pantauan Harga Bahan PokokIlustrasi pembeli minyak goreng di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, persoalan minyak goreng curah yang saat ini masih banyak dibutuhkan penjual di seluruh pasar di Jabar terus dicarikan solusinya. Disperindag Jabar, lanjut Iendra, telah mengajak langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk memantau minyak curah saat operasi pasar di Seorang, Kabupaten Bandung.

Kapolri, kata dia, berinteraksi langsung dengan para pedagang pasar, dan menanyakan pada pedagang soal ketersediaan minyak curah, dan harganya.

"Diakui para pedagang sebelum ada operasi pasar tadi memang untuk minyak curah sulit di dapat, harga cukup besar, dan mereka menjual di atas HET yaitu Rp16-17 ribu, seharusnya merka menjual Rp14 ribuan," katanya.

4. Banyak mendapatkan pesan dari Kapolri soal minyak goreng curah

Jelang Ramadan 2022, Pemprov Jabar Perkuat Pantauan Harga Bahan PokokKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Lia Hutasoit)

Melalui operasi pasar minyak goreng curah, Iendra mengatakan, Disperindag Jabar mendapatkan amanat untuk terus melakukan pemantauan di pasar-pasar. Sebab, operasi pasar sendiri dapat membantu ketersediaan minyak.

"Kapolri minta pada kita untuk mengawasi harga yang sekarang dijual atau didapat, ini hasil kerja sama dan dukungan Kemendag. Sudah ada produsen utama dari Kementerian dan tinggal kita minta dan mereka tinggal drop," kata dia.

Iendra berharap, masyarakat tidak melakukan tindakan panic buying saat HBKN 2022. Kata dia, saat ini semua ketersediaan pokok sudah ada, termasuk minyak goreng kemasan.

"Ketersediaan aman dan minyak sudah ada. Jadi, beli biasanya jangan takut gak ada, kalau awal beli satu liter, sekarang jangan 10 liter. Jadi perbaiki tingak konsumtif dan insya Allah bapok tersedia, aman dan tidak perlu panic buying," kata dia.

Baca Juga: Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Disperindag Jabar Gelar Operasi Pasar

Baca Juga: Disperindag Jabar Sebut Ada Indikasi Penimbunan Minyak Goreng

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya