Jelang PSBB Bandung Raya, Pemkot Minta Penyekatan Jalan Diperluas

Masyarakat Kota Bandung banyak yang beraktivitas normal

Bandung, IDN Times - Ketua Harian Gugus Tugas virus corona atau COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna meminta pihak kepolisian memperluas penyekatan jalan di sejumlah titik di Kota Bandung.

Hal tersebut dimaksudkan Ema sebagai langkah membatasi aktivitas masyarakat yang kini terlihat normal dan mulai ramai memadati jalan.

1. Banyak masyarakat Kota Bandung yang kini terlihat sudah keluar rumah

Jelang PSBB Bandung Raya, Pemkot Minta Penyekatan Jalan DiperluasIDN Times/Humas Bandung

Ema menuturkan, pengaturan jalan di Kota Bandung di tengah pandemi corona harus mulai diperluas. Hal tersebut dikarenakan, banyak masyarakat yang kini sudah melakukan aktivitas normal di luar rumah.

"Masyarakat banyak yang mulai beraktivitas seperti biasa. Kami mohon jajaran kepolisian pengaturan jalan diperluas," ujar Ema berdasarkan keterangan yang diterima IDN Times, Selasa (14/4).

2. Perluasan pengaturan jalan sebagai pemanasan PSBB

Jelang PSBB Bandung Raya, Pemkot Minta Penyekatan Jalan DiperluasIDN Times/Yogi Pasha

Ema mengatakan, perluasan pengaturan jalan juga perlu dilakukan untuk simulasi atau pemanasan sebelum nantinya Kota Bandung diberlakukan Pembatasan Sosial Sekala Besar (PSBB) oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Anggap saja pemanasan Kota Bandung dan Bandung Raya yang kini sudah masuk dalam pengusulan PSBB Jilid II Jabar. Memang kondisinya harus lakukan seperti itu," ungkapanya.

3. Soal social distancing di Kota Bandung belum banyak dipatuhi warga

Jelang PSBB Bandung Raya, Pemkot Minta Penyekatan Jalan DiperluasIDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, Ema mengatakan, kesadaran masyarakat soal sosial distancing masih belum berlaku maksimal. Ia menilai masyarakat Kota Bandung banyak yang jenuh dan memilih aktivitas seperti biasa.

"Masyarakat banyak yang kembali kepada aktivitas biasa saja. Padahal kondisinya Kota Bandung belum bisa dikatakan aman dari virus corona," katanya.

4. Penyebaran virus corona di Kota Bandung berasal dari sub klaster

Jelang PSBB Bandung Raya, Pemkot Minta Penyekatan Jalan DiperluasIDN Times/Debbie Sutrisno

Ema menambahkan, saat ini kondisi transmisi lokal virus corona terus menaik. Kemudian penyebaran virus corona di Kota Bandung kini ada juga dari sub klaster. Menurutnya, sub klaster adalah penyebaran yang berasal dari seorang yang positif corona dari klaster yang berada di Indonesia kemudian menyebarkan lagi ke lingkungan sekitar.

"Ini sub klaster artinya yang sebelumnya sudah dinyatakan dalam klaster, mereka menyebarkan lagi ke pihak lainnya. Bisa teman lingkungan dan keluarga ini sedang diupayakan agar tidak terjadi," kata dia.

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 Merata di Bandung, Pemkot Belum Usulkan PSBB 

Baca Juga: Pemkot Bandung Tambah Anggaran Penanggulangan COVID-19 Jadi Rp298,2 M

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya