Jelang Malam Tahun Baru, Wisatawan Tetap Ramai di Bandung

Wisatawan ada yang abai protokol kesehatan COVID-19

Bandung, IDN Times - Sejumlah wisatawan mulai memadati pusat Kota Bandung menjelang perayaan malam pergantian Tahun Baru 2020-2021, Kamis (31/12/2020). Saat ini jalanan menuju pusat kota Bandung sudah ditutup sejak pukul 17:00 WIB.

Berdasarkan pantauan IDN Times pukul 17:00 WIB di Jalan Braga, wisatawan terlihat ramai dan ada diantara mereka yang mengabaikan protokol kesehatan. Adapun sejumlah anggota dari Satlantas Polrestabes Bandung sudah Mulai melakukan penjagaan.

1. Petugas akan disebarkan ke seluruh pusat perkotaan

Jelang Malam Tahun Baru, Wisatawan Tetap Ramai di BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, penjagaan malam ini ada sebanyak 1.958 petugas gabungan dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan sudah disebar ke sejumlah titik di Kota Bandung.

"Nanti petugas akan disebar di beberapa titik di Kota Bandung yang diduga bakal terjadi kerumunan seperti Dago, Cikapayang, Tegalega, Alun-alun, Asia Afrika dan Pasopati," ujar Oded, di Balai Kota Bandung, Kamis (31/12/2020).

2. Oded berharap masyarakat banyak yang tetap di rumah

Jelang Malam Tahun Baru, Wisatawan Tetap Ramai di BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menuturkan, dalam perayaan malam pergantian tahun ini masyarakat diharapakan tetap tertib melaksanakan protokol kesehatan dan tidak banyak mengundang kerumunan massa di pusat perkotaan.

"Saya berharap sesuai dengan surat edaran warga Kota Bandung tetap diam di rumah, bercengkrama bersama keluarga," ucapnya.

3. Penutupan ada di tiga ring pusat perkotaan

Jelang Malam Tahun Baru, Wisatawan Tetap Ramai di BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Adapun sejumlah jalan yang akan ditutup ada di tiga ring, untuk ring pertama ada di Jalan Otto Iskandardinata, (Pasar Baru), Asia Afrika-Tamblong, Naripan-Tamblong, Braga, Banceuy-Asia Afrika, Lembong-Tamblong ,Merdeka,  Ir. H.Juanda (Cikago s/d Simpang Dago), Purnawarman, Dipatiukur dan Alun-alun Timur.

Untuk ring dua ada di sepanjang Jalan Lingkar Selatan yang mengarah ke pusat kota, Ahmad Yani-Martadinata,  Gatsu-Pelajar Pejuang 45 Talaga Bodas-Pelajar Pejuang 45, Lodaya  Pelajar Pejuang 45, Buah Batu- Jalan Pelajar Pejuang 45, Sriwijaya-Pelajar Pejuang 45  M. Ramdhan-Jalan Pelajar Pejuang 45 , Moch. Toha-Pelajar Pejuang 45 , Otista-BKR, Kopo-Jalan Peta, Pasir Koja-Peta, Jamika- Jalan Peta.

4. Penutupan dilakukan pada jam yang berbeda-beda

Jelang Malam Tahun Baru, Wisatawan Tetap Ramai di BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kemudian untuk ring tiga, buka tutup jalan ada di pintu masuk Kota Bandung, Bundaran Cibiru, Cibeureum, Ledeng, Pintu keluar Tol Pasteur, Pintu keluar Tol Pasir Koja, Pintu keluar Tol Kopo, Pintu keluar Tol Moch. Toha, Pintu keluar Tol Buah Batu.

Sekema penutupan jalan akan tetap diberlakukan secara berbeda-beda di setiap ringnya. Untuk jalan di ring satu dan ring dua dilakukan 18.00 WIB sampai 05.00 WIB. Khusus untuk Jalan Dipatiukur dilakukan penutupan jalan lebih awal mulai Pukul 17.00 WIB. untuk ring tiga akan ada pemeriksaan semua kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung.

Baca Juga: Aa Gym Positif Corona, Pemkot Bandung Segera Lakukan Trasing

Baca Juga: Pemkot Bandung Diminta Terapkan Rapid Test Antigen untuk Wisatawan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya