Jangan Cuma Konten, Chef Juna Imbau UMKM Bandung Fokus Rasa Makanan

Daya tarik makanan tidak harus cantik secara visual

Bandung, IDN Times - Chef Junior John Rorimpandey atau Chef Juna mendorong UMKM Bandung fokus pada rasa makanan tidak hanya visual. Dengan fokus pada rasa masakan maka kualitas pada makanan akan semakin meningkat.

Chef Juna mengatakan, daya tarik makanan itu tidak hanya harus cantik secara penampilan, tetapi juga tetap enak dan bergizi sehingga makanan tersebut memiliki nilai bagi yang menikmatinya.

"Makanan yang memiliki nilai tersebut pasti akan menarik perhatian masyarakat sehingga lebih mudah untuk dipasarkannya terutama saat Ramadan," ujar Juna dalam kegiatan Tokopedia NYAMpireun di Bandung, Rabu (8/3/2023).

1. Kegiatan digelar untuk berbagai pengetahuan

Jangan Cuma Konten, Chef Juna Imbau UMKM Bandung Fokus Rasa MakananChef Juna dalam kegiatan Tokopedia NYAMpireun di Bandung, Rabu (8/3/2023) (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kepala Departemen Corporate Affairs, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal ke seluruh Indonesia, termasuk kota Bandung.

"Kegiatan yang melibatkan penjual Tokopedia NYAM! Bandung ini bertujuan berbagi pengetahuan tentang makanan dari koki ternama. Serta edukasi tentang cara menjual makanan serta wawasan pasar makanan jelang Ramadan," ungkapnya.

2. Terjadi peningkatan transaksi di 2023

Jangan Cuma Konten, Chef Juna Imbau UMKM Bandung Fokus Rasa MakananChef Juna dalam kegiatan Tokopedia NYAMpireun di Bandung, Rabu (8/3/2023) (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jumlah transaksi Tokopedia NYAM! di Provinsi Jawa Barat, kata dia, meningkat lebih dari dua kali lipat dengan jumlah penjual yang mengikuti Tokopedia NYAM! naik lebih dari dua kali lipat pada periode Januari-Februari 2023 dibandingkan periode sama 2021.

Sementara, kenaikkan juga terjadi pada jumlah transaksi Tokopedia NYAM! di Kota Bandung meningkat lebih dari 2,5 kali lipat dengan kenaikan jumlah penjual sebesar dua kali lipat pada periode Januari-Februari 2023 dibandingkan periode sama 2021.

Di sisi lain, Tokopedia juga mengungkapkan bahwa produk kategori Makanan Ringan, Susu dan Olahan Susu, Minuman, Daging dan Bumbu dan Bahan Masakan menjadi produk kategori makanan dan minuman dengan kenaikan transaksi tertinggi selama awal tahun 2023.

3. Penjual di kampanye WIB Kota Bandung naik hampir 1,5 kali lipat

Jangan Cuma Konten, Chef Juna Imbau UMKM Bandung Fokus Rasa MakananChef Juna dalam kegiatan Tokopedia NYAMpireun di Bandung, Rabu (8/3/2023) (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Inisiatif Hyperlocal Dorong Peningkatan Transaksi di Provinsi Jabar dan Kota Bandung Tokopedia juga menghadirkan sederet program turunan inisiatif Hyperlocal lainnya seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Waktu Indonesia Belanja (WIB), serta Dilayani Tokopedia.

Tokopedia mencatat pertumbuhan jumlah penjual yang mengikuti kampanye WIB Di Provinsi Jawa Barat pada Januari-Februari 2023 naik lebih dari 1,5 kali lipat dengan jumlah transaksi kampanye WIB naik hampir dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

"Sedangkan jumlah penjual yang mengikuti kampanye WIB di Kota Bandung naik hampir 1,5 kali lipat pada periode Januari-Februari 2023 dibandingkan periode sama 2022," kata dia.

4. Banyak peningkatan penjualan di 2023

Jangan Cuma Konten, Chef Juna Imbau UMKM Bandung Fokus Rasa Makananilustrasi ekonomi (IDN Times)

Data Internal Tokopedia juga mencatat jumlah transaksi yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia pada Provinsi Jawa Barat meningkat 2,5 kali lipat pada periode 2022 dibandingkan 2021 dengan jumlah penjual yang menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari 2,5 kali lipat. 

Kenaikkan juga terjadi pada jumlah transaksi yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia di Kota Bandung naik lebih dari 2 kai lipat dengan jumlah penjual yang menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat 2 kali lipat selama periode 2022 dibandingkan 2021. 

Baca Juga: 5 Ide Jualan Bisnis Online saat Bulan Puasa Ramadan ala Tokopedia

Baca Juga: Transaksi Rp28,7 Juta untuk Beli Genteng Hilang, Ini Respons Tokopedia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya