Jadi Tuan Rumah Rangkaian G20, Pemprov Jabar akan Gelar Tiga Agenda

Tiga agenda ini akan membahas mengenai dunia global

Bandung, IDN Times - Pemrintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terpilih sebagai tuan rumah tiga rangkaian kegiatan G20. Sebanyak tiga agenda akan digelar di Jabar dengan konsep yang kreatif, yang dibuat oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil.

Tiga agenda dalam rangkaian forum yang berlangsung di Jabar ini yaitu; Urban 20 (U20), Think 20 (T20), dan Youth 20 (Y20). Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar, Dewi Sartika mengatakan, U20 merupakan pertemuan outreach group yang bertujuan untuk membawa masalah perkotaan ke garis depan agenda G20.

"U20 menjadi forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, di antaranya untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional. Komitmen dan pesan dari U20 nantinya dibagikan terhadap Presidensi G20 dan kepala negara," ujar Dewi, dikutip Kamis (17/2/2022).

1. U20 akan banyak membahas mengenai sektor UMKM

Jadi Tuan Rumah Rangkaian G20, Pemprov Jabar akan Gelar Tiga AgendaHumas/Pemprov Jabar

Dewi menjelaskan, dalam U20 ada tiga prioritas utama. Pertama, mempromosikan produktivitas yang fokus pada pengembangan soft skill dan digital skill melalui pemberdayaan usaha kecil dan menengah di perkotaan yang berwawasan lingkungan.

Kemudian, kedua, meningkatkan ketahanan dan stabilitas masyarakat perdesaan dan pelaku UMKM sebagai agen transformasi pariwisata.

"Sedangkan agenda prioritas ketiga yakni memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif melalui pendanaan stimulus penghijauan, dukungan perusahaan, dan dana pemulihan lingkungan untuk membantu pengembangan masyarakat bebas karbon, tahan iklim, dan inklusif," ungkapnya.

2. T20 akan menghadirkan banyak ahli

Jadi Tuan Rumah Rangkaian G20, Pemprov Jabar akan Gelar Tiga AgendaHumas/Pemprov Jabar

Terpilihnya Jabar sebagai tuan rumah U20, Dewi mengatakan, informasi terkait potensi Jabar akan tersebar secara luas, terutama kepada anggota G20. Hal itu pun sebagai upaya promosi investasi di kawasan Jabar bagian selatan.

Sedangkan T20, kata dia, merupakan forum global think-tank dan para ahli untuk menyajikan analisis komprehensif terkait diskusi yang berlangsung di G20 sekaligus melahirkan ide-ide untuk mendukung G20 dalam menghasilkan kebijakan yang konkret dan berkelanjutan.

3. Pemprov Jabar akan presentasikan transisi energi terbarukan di Y20

Jadi Tuan Rumah Rangkaian G20, Pemprov Jabar akan Gelar Tiga AgendaHumas/Pemprov Jabar

Untuk Y20, Dewi bilang, kegiatan itu merupakan forum konsultasi dan dialog para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Menurut Dewi, ada tiga isu yang akan dibahas Jabar dalam rangkaian G20 tersebut. Pertama, transisi energi terbarukan, lalu perbaikan arsitektur kesehatan global dan transformasi digital ekonomi.

"Semoga keikutsertaan Jawa Barat dalam rangkaian G20 ini dapat menghasilkan ide dan inovasi terbaik dari Jawa Barat untuk dunia," kata dia.

Baca Juga: Serba-serbi G20 hingga Indonesia Jadi Tuan Rumah Presidensi 2022

Baca Juga: 5 Alasan Milenial Perlu Mendukung G20 2022, Demi Masa Depan!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya