Comscore Tracker

Jadi Pembicara di PBB, Ridwan Kamil Bakal Bahas Sungai Citarum

Ridwan Kamil akan didampingi oleh Rombongan Presiden Jokowi

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil akan menjadi pembicara dalam Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim 26 (COP 26) di Glasgow, Skotlandia, pada 2 November 2021.

Adapun untuk tema yang akan dibahas di sana berfokus pada limbah plastik, sehingga Emil akan membahas pengelolaan terpadu sampah plastik di Sungai Citarum. 

Pembahasan ini menurut Emil penting, sebab revitalisasi Sungai Citarum dulu sempat dijuluki sebagai sungai terkotor dan terjorok di dunia oleh media massa asing. Ia akan memaparkan jika Sungai Citarum kini sudah berbenah dan mulai berubah.

1. Sungai Citarum di mata Ridwan Kamil

Jadi Pembicara di PBB, Ridwan Kamil Bakal Bahas Sungai CitarumANTARA/Chairul Rohman

Emil bilang, langkah ini merupakan pesan kepada dunia bahwa Sungai Citarum kini sudah berubah dari cemar berat menjadi cemar ringan. Presentasi ini akan dilakukan di hadapan organisasi internasional lingkungan hidup.

"Dulu dilabeli sebagai sungai terjorok dan terkotor, sekarang kita akan membuktikan dalam tiga tahun progress-nya sudah lebih baik. Ini bisa jadi penghormatan luar biasa dari komunitas global terhadap Citarum," ujar Emil dalam keterangan resmi, Kamis (28/10/2021).

2. Emil juga mengajak pemerintah Inggris bekerja sama dalam pengembangan pelabuhan Patimban

Jadi Pembicara di PBB, Ridwan Kamil Bakal Bahas Sungai Citarum ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selain menjadi pembicara dalam konferensi COP 26, Emil akan menjajaki kerja sama dengan pemerintah Britania Raya terkait pembangunan Politeknik Maritim di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang bagian utara.

"Kita akan membangun politeknik di Patimban. Politeknik Maritim di mana kurikulumnya adalah kurikulum Inggris, jadi di sana akan ada penandatanganan Politeknik Maritim di Patimban," ucapnya.

3. Emil akan keliling negara lain untuk mengajak investor datang ke Jabar

Jadi Pembicara di PBB, Ridwan Kamil Bakal Bahas Sungai CitarumRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dalam momentum ini, Emil juga akan didampingi oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia mengatakan, rombongan Pemprov Jabar akan terlebih dahulu keliling ke beberapa negara untuk mengajak investor menanamkan modal di Metropolitan Rebana sebagai surga investasi baru di Jabar.

"Saya ada tiga agenda penandatangan kerja sama dengan investor dari Timur Tengah," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Targetkan Perluasan Ekspor Industri Halal

Baca Juga: IDI Jabar Minta Pemprov Jabar Perhatikan Pasokan Oksigen Rumah Sakit

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya