Jadi Ketua KPU Jabar, Ummi Siapkan Strategi Cegah Konflik Pemilu 2024

Ummi pastikan kepengurusan KPU Jabar solid!

Bandung, IDN Times - Ummi Wahyuni resmi menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat periode 2023-2028. Sejumlah strategi akan disiapkan untuk meminimalisir terjadinya konflik dalam Pemilu serentak 2024.

Menurutnya, Provinsi Jawa Barat sendiri masuk kategori wilayah yang rawan terjadinya konfirmasi dalam pemilu. Sehingga beberapa strategi akan dipersiapkan untuk meminimalisir agar kondusivitas terjadi.

"Jabar adalah pemilih terbesar, strategi kami harus mensolidkan 27 kabupaten kota yang akan memimpin di kabupaten kota," ujar Ummi, dikutip Senin (25/9/2023).

1. Sinergi dengan stakeholder akan ditingkatkan

Jadi Ketua KPU Jabar, Ummi Siapkan Strategi Cegah Konflik Pemilu 2024Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni beserta enam anggota baru (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ummi menjelaskan, aalah satu langkah yang akan dilakukan yaitu meningkatkan koordinasi dengan KPU di masing-masing daerah sejak saat ini. Dia merasa, mencegah terjadinya konflik harus dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum dimulainya Pemilu serentak 2024.

"Kita meningkatkan sinergi dengan semua stakeholder karena penting rasanya memimpin mengelola Jabar dengan semua bantuan karena SDM kita terbatas. Kita juga akan mensolidkan kelembagaan dan dengan rekan-rekan di 27 kabupaten kota," katanya.

2. Ummi berharap semua pihak turut membantu menjaga kondusivitas pemilu 2024

Jadi Ketua KPU Jabar, Ummi Siapkan Strategi Cegah Konflik Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Ummi sendiri menjadi anggota KPU Jawa Barat yang terbaru bersama enam orang lainnya. Dia memastikan akan solid dan bekerja dengan maksimal dalam kepemiluan Jawa Barat selama periode 2023-2028.

"Kami berharap semua pihak bersinergi karena Jawa Barat adalah provinsi terbesar (DPT) se-Indonesia dengan 35 juta pemilih ini menjadi tantangan terbesar," ucapnya.

3. Koordinasi dengan KPU kabupaten dan kota juga akan ditingkatkan

Jadi Ketua KPU Jabar, Ummi Siapkan Strategi Cegah Konflik Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ummi menegaskan, kepengurusan KPU Jawa Barat saat ini tidak hanya berfokus pada Pemilu serentak kepala daerah saja. Dia mengatakan, Pilpres dan Pileg 2024 juga akan menjadi fokus seluruh anggota KPU Jawa Barat yang baru.

"Kami menganggap soliditas kelembagaan adalah hal paling utama untuk mensukseskan Pemilu 2024. Dengan dukungan 27 kabupaten/kota, pemilu akan berjalan lancar dan sukses," kata dia.

Baca Juga: Ummi Wahyuni Jadi Ketua KPU Jabar 2023-2028

Baca Juga: Profil Ummi Wahyuni, Perempuan Pertama Jabat Ketua KPU Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya