Jadi BUMD Migas Terbaik, MUJ Raih Penghargaan Kemendagri

Penghargaan diterima langsung direktur utama MUJ

Bandung, IDN Times - PT Migas Utama Jabar (MUJ) menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat terbaik kategori aneka usaha minyak dan gas (Migas) versi Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) dalam ajang BUMD Awards di Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Kemendagri menilai MUJ bisa memajukan perekonomian daerah melalui perannya yang kini menjalankan bidang usaha energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Adapun Penghargaan itu diterima langsung Direktur Utama MUJ Punjul Prabowo, serta Komisaris Utama, Faisal Rahadian dan Direktur Teknik dan Operasi, Muhamad Sani.

1. Penghargaan diberikan berdasarkan tim penilaian

Jadi BUMD Migas Terbaik, MUJ Raih Penghargaan Kemendagri(Istimewa)

Direktur Jenderal Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, BUMD Awards memberikan penilaian terhadap kinerja badan usaha daerah seluruh Indonesia. Adapun tim penilaian ada dari Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir.

Selain itu anggota tim penilaian meliputi pihak KPK, Kemenkeu, KemenPAN-RB, BPKP, BPSDM, akademisi, dan media.

"BUMD seluruh Indonesia saat ini ada 1.056. Oleh karena itu agar bisa memetakan, bisa mengetahui kinerja dari BUMD, dan juga dalam rangka pembinaan dilakukan penilaian terhadap kinerja BUMD," kata Agus, Rabu (4/10/2023).

2. MUJ merupakan pionir pengelolan PI

Jadi BUMD Migas Terbaik, MUJ Raih Penghargaan KemendagriIlustrasi pertambangan nikel. ANTARAFOTO/Jojojn

Sementara itu Direktur Utama MUJ Punjul Prabowo mengatakan, MUJ merupakan pionir pengelolaan Participating Interest (PI) 10 persen di Wilayah Kerja (WK) Offshore North West Java (ONWJ). Dari situlah MUJ dinilai sukses menjadi agen pembangunan ekonomi melalui fungsi BUMD.

"Sejak PI dikelola, banyak manfaat yang dirasakan untuk Jawa Barat. Manfaat untuk Pemprov Jabar selaku pemegang saham kontribusi yang diberikan melalui dividen atau Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Punjul.

3. MUJ juga punya program CSR untuk masyarakat

Jadi BUMD Migas Terbaik, MUJ Raih Penghargaan KemendagriIlustrasi tambang minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain pengembangan usaha yang meluas, PI ini dampaknya terasa langsung oleh masyarakat melalui program-program CSR perusahaan. Program CSR berkelanjutan berorientasi pada bidang Pendidikan, sosial dan kesehatan, pemberdayaan ekonomi, serta bidang lingkungan.

"CSR ini sebagai bentuk berkeadilan sosial Perusahaan kepada masyarakat. Bahwa memang seharusnya Perusahaan bisa berkontribusi dan turun langsung sebagai bentuk kepeduliannya," katanya.

Sekadar diketahui, selain MUJ ada dua BUMD lainnya yang mendapatkan penghargaan dengan kategori berbeda dari Kemendagri. Begitu pun Pemprov Jabar sebagai pembina BUMD mendapatkan penghargaan serupa.

Baca Juga: Kemendagri Gelar BUMD Awards 2023, Ini Daftar Pemenangnya

Baca Juga: Wali Kota Siantar dan Dirut Perumda Tirta Uli Terima 3 Top BUMD Award

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya