Jabar Belum Temukan Warga Suspek Cacar Monyet

Dinkes Jabar klaim sudah melakukan survelence ketat

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan warga yang suspek cacar monyet. Temuan penyakit monkeypox ini dipastikan baru ada di wilayah Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Jabar, dr. Ryan Bayusantika Rusnandi mengatakan, berdasarkan informasi dari pemerintah pusat ada 23 orang yang suspek dan satu terkonfirmasi dari Jakarta.

"Kalau Jabar belum ada suspek sama sekali, karena memang kita sebetulnya sudah lakukan survelence ketat ya," ujar Ryan saat dikonfirmasi, Selasa (23/8/2022).

1. Dinkes Jabar sudah sebar surat edaran

Jabar Belum Temukan Warga Suspek Cacar Monyetpixnio.com

Meski belum ada kasus cacar monyet di Jabar, Ryan menjelaskan, kewaspadaan tetap harus diutamakan. Langkah mitigasi dilakukan dengan menyebarkan surat edaran juga dikirimkan ke berbagai Dinas Kesehatan di 27 kabupaten dan kota.

"Jadi surat edaran kabupaten dan kota sudah sebar. Gejala klinis dan lain-lain sampai kalau ada orang sakit kita siapkan untuk pemeriksaan PCR. Tapi memang segitu, di Jabar belum ada sampai sekarang belum mendapatkan suspek," ungkapnya.

2. Masyarakat diminta waspada dengan pola hidup sehat

Jabar Belum Temukan Warga Suspek Cacar Monyetilustrasi virus cacar monyet (pna.gov.ph)

Selain mitigasi untuk penanganan, Ryan mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan menjaga pola itu, kata Ryan penyakit cacar monyet dan lainnya tidak mudah menyerang kesehatan.

"Tetap waspada dengan PHBS dengan 3M sangat berpengaruh itu, dan tentu jaga jarak. Penularan kita minimalisir kontak fisik, cipika-cipiki (cium pipi kanan dan kiri) dikurangi," kata dia.

3. Pemerintah pusat nyatakan satu kasus pertama cacar monyet

Jabar Belum Temukan Warga Suspek Cacar Monyetiustrasi cacar monyet (pixabay.com/geralt)

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengumumkan bahwa pemerintah telah menemukan satu kasus monkeypox atau cacar monyet pertama di Indonesia. Dia mengatakan satu orang pasien terkonfirmasi positif cacar monyet ini ditemukan di DKI Jakarta.

"Satu ini sudah terkonfirmasi tadi malam, sudah dilakukan langkah-langkah surveillance," kata dia dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Syahril menjelaskan bahwa pasien yang terkonfirmasi cacar monyet ini adalah pria berusia 27 tahun. "Keadaannya baik, artinya tidak sakit berat," ujar dia.

Dia mengatakan, pasien ini tidak masuk ruang isolasi dan hanya melaksanakan isolasi di rumah. Sejauh ini, ada 23 kasus suspek cacar monyet.

Adapun sebanyak 22 di antaranya discarded atau dinyatakan negatif cacar monyet, sedangkan satu yang diumumkan hari ini sebagai pasien positif.

Baca Juga: Pernah Kena Cacar Air, Bisakah Terinfeksi Cacar Monyet?

Baca Juga: Pahami! Ini Perbedaan Cacar Air dan Cacar Monyet

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya