Jabar Akan Bantu Garap Produk Kreatif di Sirkuit Mandalika

Pemasaran produk akan tetap dilakukan oleh UMKM NTB

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan membantu Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam membuat produk-produk kreatif saat penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Maret 2022.

Ridwan Kamil alias Emil, Gubernur Jabar mengatakan, Jabar akan menyumbang konsep atau gagasan produk-produk kreatif terkait MotoGP. Selanjutnya pembuatan dan pemasarannya akan dilakukan oleh masyarakat NTB.

"Kami ingin saling mengisi, salah satu komitmen Jabar di NTB adalah membantu pengembangan ekonomi kreatif," ujar Emil, melalui keterangan resmi, Sabtu (20/11/2021).

1. Jabar akan menyumbang ide kreatif

Jabar Akan Bantu Garap Produk Kreatif di Sirkuit MandalikaHumas/Pemprov Jabar

Jabar sudah dikenal memiliki banyak komunitas kreatif. Emil bilang, melalui ide kreatif itu mereka mampu meningkatkan perekonomian. Sehingga, melalui kerja sama ini perekonomian masyarakat NTB pun turut meningkat.

"Orang Jabar kreativitasnya sudah tidak diragukan lagi maka kami ingin berbagi dengan masyarakat NTB," ucapnya.

2. MotoGP Sirkuit Mandalika akan banyak mendatangkan wisatawan luar negeri

Jabar Akan Bantu Garap Produk Kreatif di Sirkuit MandalikaHumas/Pemprov Jabar

Gelaran World Superbike 2021 dan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika menjadi peluang besar yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, khususnya pelaku UMKM. Dikatakan Emil, kegiatan itu merupakan event internasional dan banyak mendatangkan wisata luar negeri.

"The power of sport tourism sangat luar biasa karena orang mau mengeluarkan lebih banyak. Ini baru urusan motor, belum yang lain," katanya.

3. Kerja sama diharapkan mendapatkan dampak baik pada UMKM

Jabar Akan Bantu Garap Produk Kreatif di Sirkuit MandalikaHumas/Pemprov Jabar

Kerja sama ini merupakan hasil kolaborasi antara Jabar dan NTB. Emil berharap, hasil dari kerja sama ini akan menghasilkan dampak baik khususnya para pelaku UMKM. Sebab, saat ini UMKM tengah mendapatkan ruang banyak di dalam industri.

"Karena kalau kepala daerahnya kompak masyarakatnya akan sejahtera juga," kata dia.

Baca Juga: Terancam Banjir, Pemprov Jabar Klaim Sudah Lakukan Semua Upaya

Baca Juga: Pemprov Jabar Pastikan Dapat Investasi dari Tiga Negara

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya