ITB Berikan Gelar Doktor HC kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Basuki dianggap pantas mendapat gelar HC ITB

Bandung, IDN Times - Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (HC) kepada Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono di Aula Barat, Kampus ITB Jalan Ganesa, No. 10 Bandung, Kamis (16/1).

Basuki diberikan gelar HC dalam bidang pengembangan, pembangunan dan pengelolaan infrastruktur, khususnya dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa.

Baca Juga: Jusuf Kalla Raih Gelar Doctor Honoris Causa dari ITB

1. Pemberian HC diharapkan menjadi pendorong masyarakat agar lebih berprestasi

ITB Berikan Gelar Doktor HC kepada Menteri PUPR Basuki HadimuljonoIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ketua Tim Promotor Prof. Ir. Indratmo Soekarno, mengatakan ITB memberikan Gelar Doktor Kehormatan sebagai penghargaan dan penghormatan kepada seseorang yang telah terbukti memberikan sumbangan nyata, menonjol, dengan dampak luar biasa dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi perkembangan kebudayaan bangsa dan kemanusiaan.

"Dengan pemberian gelar Doktor Kehormatan ini, ITB berharap dapat mendorong masyarakat
dan bangsa Indonesia untuk berprestasi dan memberikan sumbangan bagi pengembangan iptek, seni atau kemanusiaan," jelas Prof. Indratmo dalam Laporan Pertanggungjawaban Akademik Tim Promotor.

Baca Juga: Kematian Lina Jubaedah Karena Diracun? Polisi: Jangan Berspekulasi

2. Basuki dinilai memiliki peran penting pembangunan Indonesia

ITB Berikan Gelar Doktor HC kepada Menteri PUPR Basuki HadimuljonoIDN Times/ Muchammad Haikal

Disampaikan Prof. Indratmo, Dr. M. Basuki Hadimuljono memiliki peranan sangat penting dalam bidang infrastruktur sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa. Bahkan yang bersangkutan telah berhasil menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur yang sangat kompleks di dalam pelaksanaannya.

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa," ungkapnya.

Baca Juga: Ada Memar Membiru di Tubuh Lina Jubaedah? Ini Kata Kriminolog Unisba

3. "Basuki adalah abdi negara yang pekerja keras"

ITB Berikan Gelar Doktor HC kepada Menteri PUPR Basuki HadimuljonoMenteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, mengatakan penganugerahan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan 100 tahun ITB sebagai institusi Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia.

Basuki Hadimuljono menurutnya, adalah abdi negara yang sangat berdedikasi dan pekerja keras di Departemen Pekerjaan Umum dan sebagai seorang birokrat yang sangat andal, tangguh dan menunjukkan kepeloporannya. Saat ini Dr. M. Basuki Hadimuljono menjabat sebagai Menteri
Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia.

"Saya berharap penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan Dr. Basuki Hadimuljono, dapat dijadikan contoh untuk generasi penerus," kata dia.

Baca Juga: Keluarga Besar Lina Jubaedah Izinkan Polisi Bongkar Makam Lina

4. Pejabat negara turut hadir saat pemberian gelar HC Basuki

ITB Berikan Gelar Doktor HC kepada Menteri PUPR Basuki HadimuljonoIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sementara dalam lokasi pemberian gelar, terlihat juga beberapa pejabat negara serta gubernur Jawa Barat. Selain itu Jusuf Kalla yang sebelunya juga mendapat gelar kehormatan ITB turut hadir.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya