Ini Sembilan Pintu Bantuan untuk Warga Selama PSBB ala Ridwan Kamil

Sembilan pintu terdiri dari berbagai macam kategori

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuat skema sembilan pintu Bantuan Sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Skema Bansos tersebut diberikan Pemprov Jabar berdasarkan berbagai macam data yang telah ditetapkan Dinas Sosial (Dinsos) Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bahwa pada 25 April 2020 data penerima Bansos akan diputuskan. Pemprov Jabar menggunakan model sembilan pintu bansos, di mana terdiri dari berbagai macam bantuan.

"Mereka yang berhak dan terdata dalam SK harus dibagi ke dalam sembilan kelompok. Ada bantuan untuk PHK, Kartu Sembako, Bansos Presiden Bodebek, Kartu Prakerja, Dana Desa, Bansos Tunai, Bansos Provinsi, Bansos Kabupaten/Kota dan Bantuan Makan/Nasi Bungkus," cuit pria yang karib disapa Emil ini lewat akun Twitter-nya, Sabtu (25/4).

1. Bantuan tidak dibagikan secara bersamaan

Ini Sembilan Pintu Bantuan untuk Warga Selama PSBB ala Ridwan KamilDok.Humas Jabar

Masih lewat Twitter, Emil menuturkan bahwa anggapan masyarakat soal bantuan yang belum merata terjadi lantaran beberapa penerima bantuan berbeda-beda. Sehingga, bantuan diterima oleh masyarakat dengan jumlah yang beraneka ragam.

"Sumber bantuan berbeda-beda. Bantuan dari tiga Kementerian itu berbeda jenis, berbeda cara penyaluran, dan berbeda waktu pendistribusian," ungkapnya.

2. Bantuan Pemprov Jabar sudah lebih dahulu dibagikan

Ini Sembilan Pintu Bantuan untuk Warga Selama PSBB ala Ridwan KamilDok.IDN Times/Istimewa

Pada Kamis (23/4) Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jawa Barat Daud Ahmad mengatakan, bantuan Pemprov Jawa Barat telah disalurkan berdasarkan surat dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Nomor 466.2/1545/pfm terkait Penetapan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Penerima Bantuan.

Dalam surat tersebut juga sudah ditetapkan sebanyak 445.339 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) akan mendapatkan bansos gubernur yang penyalurannya bertahap 10-15 hari. "Itu adalah bantuan yang disalurkan dari data yang katakanlah clear and clean. Ini yang akan dibagikan terdahulu," jelasnya.

3. Bansos dibagikan sesuai kategori

Ini Sembilan Pintu Bantuan untuk Warga Selama PSBB ala Ridwan KamilDok.Humas Jabar

Daud menambahkan, saat ini ada sembilan pintu bantuan bagi warga terdampak COVID-19, meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bansos Presiden khusus perantau Jabodetabek, Dana Desa untuk warga kabupaten, Kartu Pra Kerja bagi yang belum kerja dan kena PHK, bantuan tunai Kemensos, bansos kabupaten/kota, serta bansos gubernur dan Gerakan Nasi Bungkus dari Pemda Provinsi Jabar.

"Dari sembilan pintu bantuan tersebut, pendistribusiannya tidak satu waktu atau bersamaan. Memiliki waktu yang berbeda-beda, sesuai dengan kategori bantuannya," kata Daud.

4. Penolakan bantuan bisa saja terjadi akibat salah persepsi

Ini Sembilan Pintu Bantuan untuk Warga Selama PSBB ala Ridwan KamilPikiranrakyat.com

Menurut Daud, fenomena penolakan bansos gubernur di Kota Bandung pada beberapa hari lalu terjadi karena ketidaksamaan waktu pembagian. Karena sembako diterima warga tidak dengan waktu yang seragam, maka banyak masyarakat yang khawatir tak tercatat sebagai penerima bantuan.

"Sekali lagi perlu diingat kalau bantuan dari sembilan pintu itu turunnya tidak bersamaan. Jadi mungkin ada (bantuan) yang turun lebih dulu, Bantuan Gubernur satu RW hanya dua orang misalnya. Itu yang sisanya mungkin saja akan diberi dari pintu lain. Dari PKH, BNPT atau dari Kemensos, Kemendes, dan pintu-pintu lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Siap Kirim Kebutuhan Ventilator di 105 RS Rujukan  

Baca Juga: Jelang PSBB, 4.668 Masyarakat Kota Bandung Terima Bansos Pemprov Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya