Ini Alasan Polda Jawa Barat Menghalangi Laga Kandang Persib Bandung

Polda akan ajak Bobotoh Nobar ditempat luas

Bandung, IDN Times - Polda Jawa Barat meminta maaf atas laga kandang persib yang gagal diselenggarakan di Kota Bandung beberapa hari belakangan. Namun dalam beberapa pertandingan kedepan Polda akan diberikan ruang nonton bareng (Nobar) ditempat besar yang dapat menampung suporter persib Bandung.

Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Rudi Sufahriadi mengatakan, sebagai warga asli Jawa Barat, Rudi menyatakan dirinya adalah bobotoh, namun ia meminta maaf jika sampai saat ini belum memberikan izin digelarnya laga kandang Persib Bandung.

"Saya menyampaikan permohonan maaf, Polda Jawa Barat belum bisa memberikan izin untuk menyelenggarakan pertandingan karena situasi keamanan,"ujar Rudy saat silahturahmi ke kantor PT Persib Bandung Bermartabat, Jalan Sulanjana, Selasa (22/10/2019).

1. Ada satu kelompok memanfatkan orang banyak untuk rusuh

Ini Alasan Polda Jawa Barat Menghalangi Laga Kandang Persib BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dibalik izin yang belum dikeluarkan, Rudy menjelaskan, ada beberapa oknum kelompok yang memanfatkan orang banyak agar terjadi keributan. Hal tersebut dirasakan dia, terbukti beberapa kali telah terjadi.

Namun dalam hal itu, Rudy tidak menjelaskan lebih ditail kelompok tersebut bernama apa dan darimana asal usulnya. Ia hanya mengatakan ada satu kelompok yang memanfatkan orang banyak.

"Sekarang ini sedang ada satu kelompok yang ingin memanfaatkan orang banyak menjadi rusuh. Sudah terbukti beberapa kali di Bandung,"kata dia.

2. Akan ditunda sampai waktunya siap

Ini Alasan Polda Jawa Barat Menghalangi Laga Kandang Persib Bandungradiobilingue.org

Rudy menambahkan, penundaan izin tersebut juga berdasarkan pengamatan situasi yang terjadi saat ini di masyarakat Jawa Barat. Sehingga masyarakat dikatakan dia, harus bersabar hingga nanti waktu yang sudah ditetapkan.

"Saya mohon pengertiannya dan saya mohon ditunda sampai waktu siap. Saya akan siap nanti menjadi kepala pengamanannya apabila pertandingan Persib di Bandung,"tuturnya.

3. Akan diberikan Nobar gratis untuk Bobotoh

Ini Alasan Polda Jawa Barat Menghalangi Laga Kandang Persib Bandunginstagram.com

Lebih lanjut, Rudy menjelaskan, dalam waktu dekat, polda Jawa Barat akan menyiapkan ruang untuk Nobar dengan kapasitas tempat yang luas dan memungkinkan menampung orang banyak. Saat ini rencana gersebut akan digelar di Gasibu.

"Kami akan siapkan nobar apabila persib bertanding, saya akan siapkan nobar di tempat yang besar yang memungkinkan. Mungkin di Gasibu yang paling nyaman. Nanti disiapkan,"kata dia.

Namun Apabila situasi sudah kondusif, sambung Rudy, polda Jawa Barat akan bersedia menjadi pengamanan bila persib Bandung bermain di Kota Bandung.

4. Lusa atau minggu depan izin sudah bisa keluar

Ini Alasan Polda Jawa Barat Menghalangi Laga Kandang Persib BandungJohan Cemerlang Hutasoit

Ditempat sama, manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengatskan, apa yang dilakukan Polda Jawa Barat merupakan sikap gantelman, mengingat dalam keadaan saat ini Polda masih bisa mencegah terjadinya keributan di Jawa Barat. Ia juga mengaku mengerti keadan tersebut dan memakluminya.

"Ya luar biasa, pak Kapolda gentlemen saat situasi begini tetap mau aman dan tertib. Tadi mohon maaf ke Bobotoh. Saya juga mengerti dan saya juga pahami,"kata Haji Umuh sapaan akrabnya.

Haji Umuh mengungkapkan, ada kemungkinan minggu depan atau pun lusa ini situasi sudah kondusif dan izin pun akan keluar. Untuk saat ini dikatakan dia, Persib Bandung memaklumi atas belum digelarnya laga kandang Persib Bandung.

"Insyaallah tidak menutup besok atau lusa ada berita bagus, kita mengharapkan aman di Bandung. Insyaallah kapolda akan memberikan izin. Insyaallah bobotoh dewasa,"pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya