Ini Alasan Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Jalan Trunojoyo Bandung

Kampung tertib lalu lintas bisa dicontoh daerah lain

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung membentuk Kampung Tertib Lalu Lintas di RW 03, Kelurahan Citarum, Jalan Trunojoyo, Jumat (6/3).

Daerah tersebut dipilih lantaran warga setempat diklaim sudah sadar akan pentingnya menjaga jalan raya agar tetap aman untuk pengguna Jalan.

1. Ide muncul dari Polrestabes Bandung dan didukung Pemkot Bandung

Ini Alasan Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Jalan Trunojoyo BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, terciptanya kampung lalu lintas berdasarkan inisiatif dari Polrestabes Bandung yang kemudian didorong oleh berbagai pihak, termasuk Pemkot Bandung.

"Kampung tertib lalu lintas ini merupakan inovasi gagasan dari teman-teman Satlantas (Satuan Lalu Lintas) atas bimbingan Kapolrestabes bersama aparatur kewilayahan dan juga dengan tokoh masyarakat yang luar biasa," ujar Oded saat ditemui di lokasi.

2. Baru pertama ada kampung tertib lalu lintas di Bandung

Ini Alasan Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Jalan Trunojoyo BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded menjelaskan, kampung tertib lalu lintas di Jalan Trunojoyo merupakan pertama hadir di Kota Bandung. Setelah diresmikan secara sah, Oded berharap, ke depan kampung tersebut bisa menjadi contoh untuk wilayah lain menggembungkan inovasi daerahnya.

"Kampung tertib lalu lintas ini menjadi sebuah role model atau percontohan. Apabila di sini sudah berjalan efektif dan bagus hasilnya maka diharapkan bisa direplikasi di kecamatan lain," ungkapnya.

3. Diharapkan menjadi alarm bagi masyarakat Kota Bandung

Ini Alasan Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Jalan Trunojoyo BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Di tempat sama, Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya mengatakan, terciptanya kampung tertib lalu lintas tersebut bisa membuat alarm kepada masyarakat agar bisa menggunakan jalan sesuai aturan yang berlaku.

"Dengan adanya kampung tertib lalu lintas Ini, kita mengedepankan masyarkat sadar hukum dan sadar semua aturan lalu lintas," kata Ulung.

4. Berharap bisa meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas

Ini Alasan Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Jalan Trunojoyo BandungIlustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

Ulung menambahkan, kampung lalu lintas juga dihadirkan untuk meminimallisir angka korban lalu lintas. Menurutnya, kampung tersebut akan menjadi pengingat kepada masyarakat agar patuh terhadap aturan hukum berkendara di jalan umum.

"Nanti harapannya atau ending-nya itu korban kecelakaan dan kejadian lalu lintas itu bisa berkurang karena kesadaran warga sendiri," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya