Imunisasi Campak dan Rubella di Jabar Baru 50 Persen

Jabar targetkan imunisasi bisa capai 95 persen

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) menyatakan bahwa imunisasi campak dan rubella pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk anak 9-59 bulan baru mencapai 50 persen.

Adapun total penerima imunisasi di Jabar dengan rentang umur ini ada sebanyak 3,36 juta anak.

"Total imunisasi campak dan rubella di Jabar mencapai 50 persen. Target dari imunisasi sendiri harus mencapai 95 persen di tingkat nasional, hingga nanti di 13 September 2022," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Ryan Bayusantika Ristandi, Kamis (25/8/2022).

1. Pemprov kejar target selesaikan imunisasi

Imunisasi Campak dan Rubella di Jabar Baru 50 PersenIlustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dinkes Jabar sendiri saat ini masih terus mendorong pemerintah daerah di 27 kabupaten dan kota untuk terus melakukan pemberian imunisasi pada anak khususnya untuk campak dan rubella.

Hal itu, kata Ryan, dilakukan untuk mengejar target.

"Insya Allah kita masih ada waktu dan ini kabupaten dan kota masih bisa menyesuaikan dengan target harian. Semoga nanti tanggal 13 kita bisa mencapai target nasional," ungkapnya.

2. BIAN sudah dimulai sejak pertengahan Agustus 2022

Imunisasi Campak dan Rubella di Jabar Baru 50 Persenilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Ryan mengatakan, Pemprov Jabar menggelar imunisasi untuk campak dan rubella pada BIAN sejak 21 Agustus 2022. Program ini dilakukan untuk menghilangkan penyakit campak dan rubella pada anak khususnya di tahun 2023 mendatang.

"Kita lihat adanya bolong-bolong imunisasi anak pada saat pandemik. Ini kita takutkan ada peningkatan kejadian luar biasa atau penyakit yang timbul akibat status imunisasi yang belum lengkap," ujar di Gedung sate, Kota Bandung, Senin (1/8/2022).

Pemberian imunisasi seperti diftersi, titanus, influensa, hepatitis, hingga folio bisa diberikan secara lengkap kepada anak-anak di seluruh wilayah Jawa barat.

"Diharapkan selesai di awal September, dan dosis kurang lebih kita seluruh sasaran bulan imunisasi nasional ini ada 3,36 juta kita siapkan semuanya. Seluruh kebutuhan juga sudah didistribusikan ke kabupaten dan kota," katanya.

3. Lima daerah jadi prioritas vaksinasi

Imunisasi Campak dan Rubella di Jabar Baru 50 Persenilustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Lanjut Ryan, ada lima daearh yang menjadi prioritas pendistribusian imunisasi ini, yakni Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kota Bandung.

"Cakupan imunisasi memang kurang baik. Di seluruh Jabar jadi prioritas, tapi itu lima kabupaten dan kota harus kita siapkan, dan 27 kabupaten kota kita lengkapi," kata dia.

Baca Juga: Pencanangan BIAN di Balikpapan, Pemkot Kejar Capaian Imunisasi Anak

Baca Juga: Ada Kesenjangan Imunitas, Jutaan Anak di Jabar Perlu Imunisasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya