Ilham Habibie Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024

Ilham siap melawan dan bersanding dengan tokoh manapun

Bandung, IDN Times - Ilham Akbar Habibie kini resmi mendeklarasikan diri untuk maju Pilgub Jabar 2024. Anak mantan presiden Indonesia ketiga ini memastikan siap bersanding dan berhadapan dengan tokoh lain termasuk Ridwan Kamil.

Ilham sendiri kini resmi diusung Partai Nasdem untuk melenggang ke Pilgub Jawa Barat tahun ini. Keputusan itu dipastikan sudah bulat, tinggal menunggu koalisi dengan partai lain.

"Saya harus siap dengan siapapun, (Melawan Ridwan Kamil?) jawabannya iya tentunya saya kira dalam politik yang saya pelajari yang penting menang," ujar Ilham di Bandung, Sabtu (8/6/2024).

1. Ilham bakal genjot elektoral hingga masa pendaftaran

Ilham Habibie Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024Ilham Akbar Habibie (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ilham mengatakan, dalam waktu dekat ini ia juga akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan elektoral. Meski begitu, dirinya memiliki beberapa cara lain untuk bisa meyakinkan warga Jawa Barat.

"Secara politis prosesnya ada tiga tahap, popularitas, elektabilitas, lalu dipilih. Kemudian, popularitas bisa dengan berbagai macam cara, elektabilitas dan progran kerja," katany.

Kemudian, untuk meningkatkan elektoral, Ilham masih memiliki waktu hingga akhirnya nanti melakukan pendafatarn ke KPU Jawa Barat.

"Pendaftaran resmi baru Agustus sampai September, jadi itu masih dua bulan dari sekarang, masih banyak waktu untuk meningkatkan elektoral," katanya.

2. Ilham resmi mendeklarasikan diri maju Pilgub Jabar

Ilham Habibie Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024Ilham Akbar Habibie (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, anak presiden Bacharuddin Jusuf Habibie ini sudah mendeklarasikan diri maju Pilgub Jabar 2024. Deklarasi dilakukan di salah satu hotel di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Sabtu (8/6/2024).

Ilham mengatakan, deklarasi ini merupakan langkah lanjutan setelah sebelumnya dia mendapatkan tiket dari DPP untuk maju Pilgub Jabar.

"Saya kira ini masih baru sekali, hari ini deklarasi, dua hari lalu baru dapat surat rekomendasi di Jabar dan kini (Parpol) belum ada yang menetapkan calon resminya," ujar Ilham pada awak media usai deklarasi.

3. Ilham fokus soal ketersediaan lapangan kerja

Ilham Habibie Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024Ilham Akbar Habibie (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ilham menambahkan, dirinya memiliki beberapa bekal untuk maju Pilgub Jabar, salah satunya program kerja yang nantinya akan dijadikan strategi menarik hati para pemilih. Seperti program pemberian lapangan kerja.

"Menurut saya yang paling utama memperkuat industri, karena yang paling diperlukan itu memperkuat lapangan pekerjaan, terutama dari industri. Itu tantangan kita bersama," ujarnya.

Lebih lanjut, Ilham menilai, Jabar kini memerlukan inovasi dan teknologi yang diterapkan sektor industri. Meski begitu, dirinya tidak menampik kondisi industri Jabar saat ini sudah dalam keadaan baik.

"Industri perlu kita perkuat dengan adanya teknologi, inovasi, SDM yang terdidik, yang inovatif, Jabar sudah berada dalam posisi yang baik, punya industri yang kuat. Kalau kita lihat datanya, 50 persen industri di Indonesia ada di Jabar, ini basis untuk kita maju," kata dia.

Baca Juga: Anies Foto Bareng Ridwan Kamil di HUT Raja Inggris, Bahas Pilkada?

Baca Juga: Sudirman Said Juga Incar Maju di Pilkada Jakarta, Ini Kata Anies

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya