Ikut Berduka, Ridwan Kamil Berdoa untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Ridwan Kamil berharap warga mendapatkan perlindungan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyampaikan duka pada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dari peristiwa itu, pemerintah mengabarkan ada 14 orang meninggal dunia dan 56 lainnya luka berat.

"Duka cita dan turut prihatin atas kebencanaan akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Malang Jawa Timur," ujar Emil melalui akun Twitter-nya, dikutip pada Senin (6/12/2021).

Emil berharap warga yang saat ini terdampak bisa diberikan perlindungan, "Semoga semua baik-baik saja dan Allah SWT memberi perlindungan kepada warga di sekitar Gunung Semeru," katanya.

1. Pemerintah pusat mengabarkan ada 14 warga yang meninggal dunia

Ikut Berduka, Ridwan Kamil Berdoa untuk Korban Erupsi Gunung SemeruGunung Semeru meletus (dok. PVMBG)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengabarkan bahwa total ada 14 warga yang wafat sejak Sabtu, 4 Desember 2021. Adapun saat ini belum ada info terbaru mengenai jumlah total korban jiwa dari erupsi Gunung Semeru.

"Jumlah korban bertambah satu orang dari rilis sebelumnya, dari 13 orang dan saat ini di posisi 14 orang," ungkap Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, ketika memberikan keterangan pers secara virtual dan dapat disaksikan di YouTube BNPB.

2. Warga terdampak hingga luka-luka ada 56 orang

Ikut Berduka, Ridwan Kamil Berdoa untuk Korban Erupsi Gunung SemeruGunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Kuta Rakyat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (2/3/2021). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak. (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)

Ia merinci dari 14 korban jiwa yang meninggal itu, dua orang di antaranya ialah warga Desa Supiturang, lima warga Desa Curah Kobokan, dan dua orang lainnya ialah warga Desa Sumber Wuluh. Sementara, lima orang lainnya belum teridentifikasi identitasnya.

"Lima jasad ada di RS Bhayangkara dan belum teridentifikasi indentitasnya," katanya lagi.

Sedangkan, jumlah korban luka berat bertambah menjadi 35 orang. Abdul menjelaskan sebanyak delapan orang di antaranya sudah dilarikan RS Haryoto, 16 orang dibawa ke RSUD Pasuruan, dan delapan orang ke Puskesmas Penanggal.

Selain itu, ada pula 21 warga yang mengalami luka ringan. Maka, total jumlah warga yang terluka karena imbas erupsi Gunung Semeru mencapai 56 orang. Ia mengatakan data tersebut diperoleh dari Kepala BNPB, Letjen Suharyanto yang hingga kini berada di Lumajang.

3. Pemerintah masih terus mendata korban yang terdampak dari peristiwa ini

Ikut Berduka, Ridwan Kamil Berdoa untuk Korban Erupsi Gunung Semeruwisatamu.com

Abdul menjelaskan saat ini ada 5.205 jiwa warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Sebanyak, 1.300 warga di antaranya terpaksa harus mengungsi. 

"Kami masih terus mendata status dari 9 orang lainnya, apakah hilang atau korban meninggal," kata dia. 

Ia juga menyampaikan hingga saat ini belum terbentuk posko terpadu tanggap darurat. Dengan begitu, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto menargetkan malam ini posko tersebut sudah harus dibentuk. 

Baca Juga: Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Sempat Panik, Terpancing Kabar Hoaks

Baca Juga: Menko PMK Minta Kemenkes Kirim Tambahan Dokter Bantu Korban Semeru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya