Idul Adha 2024: Kebutuhan Hewan Kurban di Jabar Capai 350 Ribu Ekor

Ada peningkatan kuota hewan kurban di Idul Adha 2024

Bandung, IDN Times - Kebutuhan hewan kurban Idul Adha di Jawa Barat dipastikan mengalami peningkatan dari tiga tahun sebelumnya. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat menyatakan peningkatan kuota ini ada sebanyak 12 persen.

Kepala DKPP Jabar, Mohamad Arifin Soedjayana mengatakan, berkaca dari tiga tahun ke belakang tepatnya pada 2021 total ternak sapi kerbau dan domba kambing hampir 219 ribu ekor, kemudian pada 2022 turun karena ada PMK 216 ribu ekor.

"Pada 2023 naik signifikan hampir 40 persen lebih 316 ribu ekor. Kemungkinan tahun ini ada peningkatan sampai 12 persen, karena ekonomi sudah baik penyakit hewan terkendali insya Allah sekitar 350 ribuan ekor," ujar Arifin, Selasa (21/5/2024).

1. Hewan kurban dipastikan aman dari penyakit

Idul Adha 2024: Kebutuhan Hewan Kurban di Jabar Capai 350 Ribu Ekorilustrasi sapi kurban (freepik.com/wirestock)

Arifin memastikan, pada tahun ini penyakit yang sering menyerang hewan ternak khusunya kurban seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan lato-lato atau LSD, sudah dinyatakan terkendali dan tidak ditemukan kembali.

"Sehingga untuk hewan kurban tahun ini sudah terkendali dan aman, karena semua hewan (ternak) yang masuk ke Jawa Barat itu harus dikarantina terlebih dahulu. Jadi mereka (hewan ternak) sudah divaksin, sudah pengobatan. Jadi insya Allah aman," ungkapnya.

2. Jabar tidak akan kesulitan hewan kurban

Idul Adha 2024: Kebutuhan Hewan Kurban di Jabar Capai 350 Ribu EkorIlustrasi hewan kurban (pexels.com/Serena Koi)

Dengan begitu, Arifin meminta agar masyarakat untuk tidak khawatir dalam membeli hewan kurban saat Idul Adha nanti. Sebab semua hewan yang kini dijual di 27 kabupaten dan kota sudah melalui tes kesehatan dan layak potong untuk kurban.

"Dari sisi ketersedian dan kesehataan hewan, insya Allah di Jawa Barat aman karena semua sudah dilakukan tahapan-tahapan agar sesuai aturan dan prosedur," katanya.

3. Permintaan hewan kurban di 2024 tinggi

Idul Adha 2024: Kebutuhan Hewan Kurban di Jabar Capai 350 Ribu Ekorilustrasi kurban (pexels.com/Moaz Tobok)

Pemprov Jawa Barat juga sudah berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk terus melakukan pemantauan terhadap hewan kurban yang kini mulai masuk dari luar provinsi. Sebab, sampai saat ini masih ada beberapa hewan kuran yang masuk ke Jabar karena tingginya minat masyarakat.

"Sebulan kurang ini biasanya sudah berhenti tuh pemasukan hewan kurban dari luar provinsi, sekarang ini masih terus jalan. Hewan sudah masuk biasanya tiga bulan sebelum sudah masuk," kata dia.

Baca Juga: Legislator Pesimis Target Zero Kemiskinan di Jabar Dapat Tercapai

Baca Juga: 4 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia di Tanah Suci

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya