HUT ke-76 RI, Profil Dika Ambiya Rahman Pengibar Bendera Asal Jabar

Dika jadi satu-satunya perwakilan asal Jabar lolos seleksi

Bandung, IDN Times - Pelajar asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) Dika Ambiya Rahman, terpilih menjadi tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 76 Republik Indonesia (RI), Selasa (17/8/2021).

Dika terpilih dan masuk pada kelompok 8 yang bertugas sebagai pembentang bendera. Ia ditugaskan bersama Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Dika dikukuhkan bersama 68 anggota paskibraka lainnya oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Kamis (12/8/2021) lalu. Upacara pengibaran bendera pada HUT ke-76 RI kali ini berbeda dari 2020. Meskipun pandemik, anggota paskibraka yang dihadirkan lengkap 68 orang.

Lalu siapa Dika Ambiya Rahman?

1. Wakil dari Jabar yang lolos Paskibraka Nasional 2021

HUT ke-76 RI, Profil Dika Ambiya Rahman Pengibar Bendera Asal JabarHumas Pemkab Bogor

Berdasarkan beberapa sumber, Dika Ambiya Rahman saat ini tinggal bersama kedua orang tuanya di Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Ia terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Jawa Barat yang lolos seleksi Paskibraka Nasional 2021.

Dengan dinyatakan lolos seleksi, Dika banyak mendapatkan apresiasi oleh warga Kabupaten Bogor dan Jawa Barat. Dika membuktikan bahwa dirinya membawa nama baik daerah ke kancah nasional.

2. Pelajar SMAN 1 Cijeruk, Kabupaten Bogor

HUT ke-76 RI, Profil Dika Ambiya Rahman Pengibar Bendera Asal JabarANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Dika Ambiya Rahman diketahui berstatus seorang pelajar dari SMAN 1 Cijeruk, Kabupaten Bogor. Ia besar dan banyak menempuh pendidikan dari usia dini di Kabupaten Bogor.

Dika tercatat lusus dari SDN 1 Cijeruk dsri 2011-2017, setelah itu Dika melanjutkan ke SMPN 1 Caringin, dari 2017 dan lulus 2020. Kemudian Dika melanjutkan ke SMAN 1 Cijeruk hingga saat ini.

3. Anak Pertama pasangan Eka Aulia Rahman dan Susilawati

HUT ke-76 RI, Profil Dika Ambiya Rahman Pengibar Bendera Asal JabarANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Muchlis Jr/Handout

Dika lahir dari pasangan Eka Aulia Rahman dan Susilawati, sebelum terpilih menjadi paskibraka dan terpilih sebagai anggota pengibar bendera pada HUT ke-76 RI ini, Dika diketahui telah mengikuti seleksi secara ketat.

Ia juga sempat merasakan karntina beberapa hari sebelum dikukuhkan oleh Presiden Jokowi, bersama dengan beberapa anggota perwakilan paskibraka dari provinsi lainnya.

4. Mendapatkan apresiasi dari Bupati Ade Yasin

HUT ke-76 RI, Profil Dika Ambiya Rahman Pengibar Bendera Asal JabarBupati Kabupaten Bogor Bogor Ade Yasin (Dok. Humas Kabupaten Bogor)

Bupati Bogor, Ade Yasin merasakan bangga atas pencapaian Dika. Ia mengatakan, menjadi seorang paskibraka nasional bukan hal yang mudah, harus melewati serangkaian proses seleksi yang sangat ketat, selain harus memiliki fisik yang mumpuni, juga harus memiliki prestasi akademik dan kepribadian yang baik.

"Bagi saya ini sebuah kebanggaan yang harus disyukuri, jujur saat pertama kali dengar, saya terharu dan bangga, ada putra daerah Kabupaten Bogor yang terpilih menjadi paskibraka nasional,"

"Semoga ini bisa menjadi tradisi ke depannya akan selalu ada pemuda Kabupaten Bogor yang menjadi tim paskibraka nasional," kata Ade melalui keterangan resminya, Senin (16/8/2021). 

Baca Juga: Ini Daftar 68 Paskibraka yang Bertugas di Istana pada 17 Agustus 2021

Baca Juga: [BREAKING] Ini Nama-nama Paskibraka Pengibar Bendera, Tim Indonesia Tangguh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya