HUT 78 RI Jadi Upacara Terakhir Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar

Emil akan menjadi masyarakat biasa per 5 September 2023

Bandung, IDN Times - Upacara kenegaraan HUT ke-78 RI jadi yang terakhir untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia akan mengakhiri masa jabatannya dan kembali menjadi masyarakat biasa pada 5 September 2023.

Emil juga menyampaikan pamit pada pejabat serta tamu undangan yang datang pada HUT ke-78 RI yang digelar Pemprov Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (17/8/2023).

1. Emil berharap apa yang sudah dilakukannya bermanfaat untuk masyarakat

HUT 78 RI Jadi Upacara Terakhir Ridwan Kamil sebagai Gubernur JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebagai Inspektur upacara, Emil mengatakan, masa jabatannya bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum akan habis pada bulan depan. Sehingga dalam lewat kesempatan ini dia turut menyampaikan pamit.

"Dalam kesempatan ini, kami berdua menghaturkan pamit undur diri. Semoga semua daya upaya yang sudah kami lakukan melalui saya dan pak uu lakukan membawa manfaat sebesar-besarnya bagi Jabar tercinta dan menjadi amal soleh bagi kita ke depan," ujar Emil.

2. Ridwan Kamil meminta maaf pada masyarakat

HUT 78 RI Jadi Upacara Terakhir Ridwan Kamil sebagai Gubernur JabarRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meskipun jabatannya sebagai gubernur akan habis, dia memastikan fisik dan batinnya akan tetap ada untuk memajukan Pemprov Jabar dan akan tetap membantu masyarakat. Selanjutnya, pada kesempatan ini Emil juga meminta maaf.

"Kami juga menghaturkan permohonan maaf jika kepemimpinan kami ada kekurangan-kurang. Mohon dibukakan pintu maaf lahir dan batin," ucapnya.

3. Ridwan Kamil punya satu lagi kesempatan menjadi Gubernur Jabar

HUT 78 RI Jadi Upacara Terakhir Ridwan Kamil sebagai Gubernur JabarGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menambahkan, kepemimpinan sebagai Gubernur Jabar baru dilakukan selama satu periode. Artinya masih ada satu periode lagi untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Jabar. Namun, Emil belum memastikan apakah dirinya menggunakan kesempatan itu.

"Bila takdir suatu hari memang menentukan dan diberi kesempatan kembali, insya Allah kami akan melanjutkan dan menyempurnakan langkah-langkah cita-cita Jabar Juara," kata dia.

Baca Juga: Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari Makassar

Baca Juga: Pasukan Upacara HUT ke-78 RI Mendadak Berjoget di Hadapan Jokowi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya