HUT 100 Tahun ITB, Jokowi: Tetap Berikan Kontribusi untuk Indonesia

ITB harus tetap menjadi kampus yang disegani

Bandung, IDN Times - Peringatan hari jadi Institut Teknologi Bandung (ITB) ke-100 digelar melalui daring atau online, Jumat(3/7). Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo berpesan agar ke depan ITB semakin banyak berikan kontribusi pada negara.

Dalam perayaan 100 tahun ITB yang digelar melalui daring dari platform youtube, Jokowi memberikan selamat pada kampus teknik pertama tersebut. Ia juga merasa bangga karena dari kampus ITB banyak mengeluarkan tokoh-tokoh bangsa.

"Banyak tokoh besar yang banyak lahir dari rahim ITB yang mengagumkan, sebagai perguruan tinggi teknik, ITB juga kembangkan pendidikan seni humaniora dan kebudayaan," ujar Jokowi, Jumat (3/7).

1. Banyak tokoh bangsa lahir dari ITB

HUT 100 Tahun ITB, Jokowi: Tetap Berikan Kontribusi untuk Indonesiathoughtco.com

Jokowi menuturkan, sosok berpengaruh di Indonesia juga banyak dari almamater ITB, seperti founding fathers Indonesia, Ir Soekarno dan beberapa sosok lainnya yang membanggakan dan memajukan negara.

"Tempat Bung Karno menimba ilmu dan kepemimpinan, tempat Ir Djuanda Kartawijaya belajar dan membangun kecintaan pada tanah air. Tempat Ir BJ Habibie yang mengawali menjadi engineer yang disegani dunia," tuturnya.

2. ITB banyak memberikan warna pada sejarah Indonesia

HUT 100 Tahun ITB, Jokowi: Tetap Berikan Kontribusi untuk Indonesia@Jokowi on Instagram

Kemudian, Jokowi mengungkapkan, ITB tidak hanya mengeluarkan tokoh bangsa, sampai saat ini, ITB banyak memberikan kontribusi dan memberikan jalan keluar dari sekelumit persoalan-persoalan negara.

"ITB sangat mewarnai besar sejarah Indonesia. Dari kampus ini semangat kemerdekaan digaungkan, permasalahan bangsa diselesaikan dan kemajuan bangsa di hasilkan," katanya.

3. ITB harus tetap menjadi kampus yang disegani

HUT 100 Tahun ITB, Jokowi: Tetap Berikan Kontribusi untuk IndonesiaDok. Biro Pers Kepresidenan

Ia juga berharap, ke depan ITB terus dapat bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi lain di luar negeri dan terus mengeluarkan sejumlah inovasi agar tetap menjadi kampus yang disegani.

"Di tengah persaingan global yang sangat kompetitif, perang pendidikan tinggi semakin signifikan menjadi pemandu perubahan besar menggagas inovasi dan trobosan membuat Indonesia semakin disegani dunia," tuturnya.

"Indonesia harus digerakkan oleh semangat juang yang tinggi dipandu oleh ahlak mulia dan jiwa pengabdian pada negara dan dibarengi ilmu dan teknologi," tambahnya.

4. Harus tetap mencetak SDM unggul dan handal serta terus berinovasi

HUT 100 Tahun ITB, Jokowi: Tetap Berikan Kontribusi untuk IndonesiaDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menambahkan, kontribusi ITB ditunggu oleh seluruh anak bangsa. ITB harus tunjukkan prestasi akademisi peneliti dan tunjukkan sumber Iptek, Inovasi bangsa pada dunia dan ITB harus memberikan inovasi yang bermanfaat pada masyarakat.

"Saya mengajak ITB terus berkontribusi pada pembangunan bangsa, menciptakan SDM yang unggul dan handal serta hasilkan inovasi yang bermanfaat bagi rakyat dan masyarakat," kata dia.

Baca Juga: 5 dari 191 Tenaga Kesehatan di Jabar yang Positif COVID-19 Meninggal

Baca Juga: 191 Tenaga Kesehatan di Jabar Positif COVID-19, Lima Orang Meninggal 

Baca Juga: [BREAKING] Pendiri PKS, KH Hilmi Aminuddin Meninggal Terpapar COVID-19

Baca Juga: Berusia 100 Tahun, Ini Kata Rektor ITB untuk Indonesia

Baca Juga: Besok Usianya Genap Seabad, Ini Sepenggal Sejarah ITB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya