Hujan hingga Maret, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor 

Februari menjadi puncak curah hujan

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap lingkungan khususnya bencana banjir dan tanah longsor. Sebab, berdasarkan prakiraan cuaca, Februari 2020 akan menjadi puncak musim hujan dengan intensitas tinggi.

Curah hujan itu akan terjadi di wilayah Bandung Raya dan sekitarnya selama Februari ini. Sejumlah daerah akan mulai diguyur hujan sejak siang hingga sore atau malam hari.

Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, saat ini potensi hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi untuk wilayah Bandung Raya. Februari adalah puncak musim hujan.

"Untuk wilayah Bandung Raya, pada Januari hingga Februari adalah puncak musim hujan," ujar Tony saat dihubungi IDN Times, Senin(17/2).

Baca Juga: Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot Subroto

1. Hujan berpotensi terjadi sampai Maret

Hujan hingga Maret, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor Ilustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Tony menjelaskan, potensi berakhir musim hujan bisa di akhir Februari. Namun, tidak bisa langsung masuk musim kemarau. Ia mengatakan, hujan tetap akan ada hanya saja dengan intensitas sedang dan ringan.

"Pada Maret hingga April, hujan mulai berkurang. Setelah itu langsung berganti ke musim kemarau di bulan-bulan Mei," ungkapnya.

Baca Juga: Sering Banjir di Kota Bandung, DPU: Banyak Ruang Terbuka Tanpa Pohon

2. Bandung Raya dan sekitarnya diguyur hujan pada sore hari

Hujan hingga Maret, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor Ilustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Saat ini, Senin (17/2). Wilayah Bandung Raya dari pagi hari masuk dalam kondisi cerah dan berawan, sedangkan untuk sore hari, Kota Bandung dan sekitarnya berpotensi hujan sedang hingga lebat.

"Secara umum cerah berawan hingga berawan, sore hari hujan lebat berpotensi di Kota Bandung dan beberapa wilayah lain di Jabar," kata Tony.

Baca Juga: Hujan Deras Diprediksi Guyur Bandung, BPBD Siaga Ancaman Banjir

3. Wilayah lain selain Kota Bandung juga berpotensi hujan saat malam hari

Hujan hingga Maret, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor Ilustrasi Hujan (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Tony menambahkan, wilayah Bandung Raya pada malam hari berpotensi diguyur hujan. Hal tersebut juga berlaku untuk beberapa wilayah lain di Jabar. Seperti Bekasi, Depok, Purwakarta dan Tasikmalaya.

"Malam hari potensi hujan ada di Bandung Raya dan beberapa daerah lain di Jabar, seeprti Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu," tuturnya.

Baca Juga: Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBB

4. Masyarakat dihimbau waspada terhadap lingkungan sekitar

Hujan hingga Maret, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor IDN Times/Sukma Shakti

Tony menghimbau, masyarakat yang berada di Bandung Raya dan sekitarnya, selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Sebab, hujan dengan intensitas tinggi berpotensi kepada banjir dan longsor.

"Saat ini, masih di musim hujan. Masyarakat agar antisipasi hujan lebat yang menyebabkan potensi banjir dan longsor," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya