Hindari Amukan Topan Khanun, Istri Ridwan Kamil Dievakuasi di Korsel 

Atalia ikut jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Bandung, IDN Times - Peserta Jambore Pramuka Sedunia ke-25 dari Bumi Perkemahan Saemangeum di Korea Selatan turut dievakuasi ke Wonkwang University Dormitory. Hal ini dilakukan untuk menghindari amukan Topan Khanun.

Dalam gelaran ini, Istri Gubernur Ridwan Kamil, Atalia Praratya turut dievakuasi. Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat itu membagikan moment dirinya dievakuasi dalam unggahan singkat di akun instagram pribadinya.

"Alhamdulillah seluruh kontingen Pramuka Jabar berhasil dievakuasi," tulis Atalia, Selasa (8/8/2023).

1. Ridwan Kamil jamin semua kontingen Pramuka Jabar dalam kondisi aman

Hindari Amukan Topan Khanun, Istri Ridwan Kamil Dievakuasi di Korsel Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Ridwan Kamil mengatakan, kondisi istrinya dengan seluruh kontingen Pramuka asal Jabar dalam kondisi baik-baik saja. Pemerintah Korea Selatan telah melakukan berbagai penanganan dari cuaca ekstrem dan potensi kebencanaan lainnya.

"Ini jambore Internasional diselenggarakan di Korea semua negara hadir. Jabar ada ibu Atalia sudah disana, posisinya per hari ini semua baik-baik saja sebagian dialihkan ke Seoul," ujar Emil, Rabu (9/8/2023).

2. Ridwan Kamil akan berikan kabar lanjutan kondisi kontingen Jabar di Korea Selatan

Hindari Amukan Topan Khanun, Istri Ridwan Kamil Dievakuasi di Korsel Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Menurutnya, sebelum berangkat ke Korea Selatan, pemerintah Indonesia juga telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Sehingga, dipastikannya, kontingen Pramuka Jabar saat ini dalam kondisi aman.

"Kalau ada berita apa-apa pasti dikabari oleh ketua Kwardanya, belum ada kabar menandakan tidak usah khawatir. Bahwa ada cuaca ekstrim lain-lain. Ibu Atalia disana ketua Kwarda, dan sebagai seorang ibu pasti mengurus anak-anaknya," kata dia.

3. Kemenlu pastikan kontingen Indonesia sudah dievakuasi

Hindari Amukan Topan Khanun, Istri Ridwan Kamil Dievakuasi di Korsel Menlu Retno Marsudi pidato di UNGA. (dok. Kemlu RI)

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan, kontingen Pramuka Indonesia di Korea Selatan (Korsel) dalam proses evakuasi. Dia juga memastikan kondisinya dalam keadaan selamat.

"Saat ini lagi berjalan, mereka didampingi tim KBRI Seoul di Wonkwang University (tempat ditampung sementara). Jadi saya terima beberapa videonya teman-teman sudah mulai dievakuasi," kata Retno, ketika ditemui di Jakarta, Selasa (8/8/2023).

"Anak-anak pramuka dalam kondisi sehat dan kemarin saya dapat informasi, jumlah bus kontingen Indonesia ini sekitar 40-an, untuk mengangkut semuanya," lanjut Retno.

Sebagai informasi, Indonesia mengirimkan 1.700 perwakilan, 513 orang di antaranya pramuka dari Kwarda Jabar. Ke - 513 anggota kontingen dari Jawa Barat terdiri dari 427 pramuka peserta, 57 pembina pendamping, dan 29 orang Internasional Service Team (IST). Pramuka Jawa Barat merupakan kontingen terbesar nasional.

Baca Juga: Menpora Dito Beri Semangat Peserta Pramuka Jambore Dunia di Korsel

Baca Juga: Gelombang Panas saat Jambore Korsel, 34 Pramuka Sumut Dipastikan Sehat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya