Herdiat-Yana Lawan Kotak Kosong di Pilkada Ciamis 2024

Ciamis satu-satunya daerah dengan kotak kosong di Pilkada

Bandung, IDN Times - Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Herdiat Sunarya-Yana D. Putra akan melawan kotak kosong di Pilkada Ciamis 2024. Pasangan ini jadi satu-satunya yang mendaftarkan diri ke KPU Ciamis pada 27-29 Agustus 2024.

Kabar ini juga dibenarkan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Ummi Wahyuni. Ia mengatakan, pasangan Herdiat Sunarya-Yana D. Putra merupakan satu-satunya yang mendaftarkan diri di Pibup Ciamis

"Satu (daerah). Calon tunggal di Ciamis," kata Ummi di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kamis (5/9/2024).

1. Hampir semua partai diborong untuk mendukung

Herdiat-Yana Lawan Kotak Kosong di Pilkada Ciamis 2024Ilustrasi Pilkada. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Pasangan Herdiat Sunarya-Yana D Putra merupakan petahana yang kini didukung oleh 15 partai politik yaitu PKB, Gerindra, Golkar, PDI Perjuangan, NasDem, Partai Buruh, Gelora, PKS, PKN, PAN, PBB, Demokrat, Perindo, PPP dan Partai Ummat.

Hanya tiga partai yang tidak ambil bagian dalam Pilkada Ciamis, yakni Hanura, PSI dan Partai Prima. Adapun dalam Pemilu 2024, terdapat 24 partai yang turut serta, enam parpol lainnya merupakan partai lokal yang berkontestasi di Provinsi Aceh.

2. Ada tiga pasangan calon independen di Pilkada Jabar 2024

Herdiat-Yana Lawan Kotak Kosong di Pilkada Ciamis 2024ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Selain satu daerah lawan kota kosong, Ummi mengatakan, ada tiga daerah yang turut mengusung pasangan independen di Pilkada Jabar 2024. Adapun pasangan tiga daerah ini yaitu Kota Banjar Ahmad Dimyati-Alam (pedangdut yang populer lewat lagu Mbah Dukun).

Kemudian, Kabupaten Bandung Barat Sundaya-Aa Maulana, Kabupaten Sumedang Hendrik Kurniawan dan Raden Luky Djohari Soemawilaga.

"Tiga itu sudah memenuhi syarat, sesuai tahapan verifikasi administrasi dan faktual," ujarnya.

3. Pilgub Jabar dipastikan tidak diikuti pasangan independen

Herdiat-Yana Lawan Kotak Kosong di Pilkada Ciamis 2024Ilustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara untuk Pilgub Jabar Ummi memastikan tidak ada calon independen yang mendaftarkan diri hingga penutupan. Adapun pendaftaran calon independen digelar lebih dahulu dibandingkan bakal pasangan calon yang diusung partai politik.

"Di Jawa Barat, hanya tiga yang calon independen yaitu ada Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Banjar," kata Ummi.

Disinggung soal dengan adanya PKPU terbaru sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60 dan 70, Ummi menegaskan, para paslon perseroan ini tetap sesuai dengan peraturan dan bisa berlayar di Pilkada 2024.

"Tiga paslon itu tetap memenuhi syarat sesuai dengan peraturan terbaru," katanya.

Pada dasarnya banyak calon perseroan yang hendak maju di Pilkada kabupaten dan kota di Jabar. Berdasarkan catatan KPU, ada 15 yang sebelumnya mencalonkan diri, hanya saja tiga Paslon saja yang memenuhi syarat.

"Hanya ada tiga dari 15 Paslon independen yang dipastikan berpartisipasi di Pilkada 2024," katanya.

Baca Juga: 4 Bapaslon Pilgub Jabar Lolos Tes Kesehatan dengan Catatan

Baca Juga: KPU Pastikan Seluruh Bapaslon Pilgub Jabar Belum Memenuhi Syarat 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya