Hendak Mengambil Ember di Waduk, Pria di Cianjur Tercebur dan Hilang

Korban saat ini masih dalam pencarian SAR Bandung

Bandung, IDN Times - Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan operasi SAR setelah satu orang dikabarkan hilang dan tenggelam di Waduk Cirata Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Senin (30/12).

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Rudi mengatakan, pencarian hari ini merupakan pencarian hari kedua setelah mendapat informasi hilang pada hari Senin.

"Sebelumnya satu tim rescue diberangkat pada Senin kemarin untuk melakukan pencarian terhadap satu korban tenggelam bernama Irfan Mubarak (20)," ujar Rudi kepada IDN Times selasa (31/12).

Baca Juga: Hari Ketiga, Penumpang KM Tidar yang Hilang di Laut Belum Ditemukan

1. Korban terjatuh dari kapal ketika hendak mengambil ember

Hendak Mengambil Ember di Waduk, Pria di Cianjur Tercebur dan HilangIDN Times/Dok Humas Basarnas

Rudi menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, korban pada senin kemarin terjatuh dari kapal yang dikendarainya, ketika hendak berusaha mengambil ember yang jatuh.

"Irfan Mubarak sedang dalam kapal menuju kolam milik H. Wawandi, ditengah perjalanan sekitar di depan transit dermaga tangga jangati, ember yang berada di dalam kapal terjatuh," ungkapnya.

"Korban berniat untuk mengambil ember tersebut namun korban terjatuh dan tenggelam" tambahnya.

Baca Juga: Dilaporkan Hilang, Dadong Asal Klungkung Ditemukan Membusuk di Sungai

2. Petugas melakukan penyisiran di lokasi kejadian

Hendak Mengambil Ember di Waduk, Pria di Cianjur Tercebur dan HilangIDN Times/Toni Kamajaya

Rudi menyebut, selama pencarian hari kedua, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung masih melakukan penyisiran, di akuinya, korban jatuh dalam kolam yang lumayan luas, sehingga penyisiran sangat penting dilakukan.

"Pencarian dibagi menjadi tiga SRU (Search and Rescue Unit) dengan melakukan penyisiran di area terakhir korban terjatuh dengan luas area pencarian kurang lebih 500 M" tuturny.

Baca Juga: Pergi Cari Kayu Bakar, Seorang Remaja di Cianjur Hilang di Hutan

3. Berbagai element masyarakat turut membantu pencarian tersebut

Hendak Mengambil Ember di Waduk, Pria di Cianjur Tercebur dan HilangPatroli difokuskan di jalur laut Banda Aceh-Sabang (IDN Times/Saifullah)

Adapun unsur SAR yang berada di lapangan yaitu Polair Polres Cianjur, Dishub Jabar, OI Cianjur dan Masyarakat Nelayan Setempat dengan alut yang digunakan yaitu satu unit LCR Kantor SAR Bandung, satu unit speedboat Dishub Prov Jabar, satu unit speedboat Polair Polres Cianjur, satu unit rescue car, satu set peralatan komunikasi dan satu set peralatan medis.

Hingga berita ini diturunkan, korban masih dalam pencarian oleh tim SAR Gabungan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya