Hasil Pemeriksaan Psikologis Pegi Setiawan Diungkap di Ruang Sidang

Pegi Setiawan dinilai punya sifat manipulatif

Bandung, IDN Times - Polda Jabar mengungkap hasil pemeriksaan psikologis Pegi Setiawan dalam persidangan jawaban atas gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Kelas IA Bandung, Selasa (2/7/2024). Tim hukum Polda Jabar menyatakan Pegi bersikap manipulatif.

Berkas jawaban ini dibacakan oleh 15 orang tim hukum Polda Jabar. Terlihat juga Kabid Hukum Polda Jabar, Kombes Nurhadi Handayani. Dalam berkas jawaban ini polisi menyatakan Pegi Setiawan terduga pelaku pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon memiliki sifat manipulatif.

"Bahwa dalam diri Pegi Setiawan ada sikap kecenderungan untuk berbohong, atau menutupi kejadian yang sebenarnya dan manipulatif, karena ditemukan beberapa perbedaan cerita antara Pegi Setiawan dengan ayah kandungnya pada saat ditanyakan tentang peristiwa yang sama di antara keduanya," ujar tim hukum Polda Jabar.

1. Pegi Setiawan suka menggaruk kepala

Hasil Pemeriksaan Psikologis Pegi Setiawan Diungkap di Ruang Sidang(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Pegi juga saat pemeriksaan memunculkan beberapa sikap yang mengarah pada tindakan manipulatif seperti menggaruk kepala dan jarang berkontak mata dengan penguji. Sehingga, diambil keputusan Pegi Setiawan memiliki sikap tersebut.

"Selama pemeriksaan saudara Pegi Setiawan kerap menggaruk kepala, kontak mata kurang terjaga atau cenderung menghindari kontak mata dan cenderung gelisah," katanya.

2. Sempat ada perubahan emosi

Hasil Pemeriksaan Psikologis Pegi Setiawan Diungkap di Ruang Sidang(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, saat penguji menanyakan peristiwa pembunuhan Cirebon pada 2016, Pegi Setiawan menjawab tidak tahu. Akan tetapi, saat dilakukan pemeriksaan dengan data-data dan ditunjukkan foto korban, terjadi perubahan emosi.

"Sempat terjadi perubahan emosi pada saat melihat foto tersebut, sehingga tergambar adanya indikasi bahwa saudara Pegi Setiawan mengetahui peristiwa tersebut di atas, akan tetapi untuk lebih mengetahui secara mendalam perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan," katanya.

3. Kenal Sudirman salah satu terdakwa pembunuhan Vina dan Eky

Hasil Pemeriksaan Psikologis Pegi Setiawan Diungkap di Ruang SidangPegi Setiawan tersangka pembunuh Vina dan Eky segera disidang. (Foto: iNews/Mujib P)

Polda Jabar kemudian menyebut nama Sudirman, salah satu terdakwa dari kasus penghilang nyawa Vina dan Eky ini ke Pegi Setiawan. Awalnya Pegi menyatakan tidak mengetahuinya, namun dalam pemeriksaan kedua terduga pelaku itu baru mengakui mengenal Sudirman.

"Pada saat pemeriksaan kedua, saudara Pegi Setiawan mengaku mengenal saudara Sudirman karena teman sekolahnya. Bahwa saudara Pegi Setiawan memiliki karakter manipulatif dan saudara Pegi Setiawan dapat dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan yang dilakukannya," katanya.

Baca Juga: Polda Jabar Tolak Semua Dalil Praperadilan Pegi Setiawan

Baca Juga: Praperadilan Pegi Setiawan, Polda Siap Hadirkan Alat Bukti

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya