Hari Pahlawan, Wali Kota Bandung Ingin Pemuda Terus Berinovasi

Momentum hari pahlawan jangan hanya seremonial

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap momentum Hari Pahlawan dimaknai dengan baik oleh para pemuda Indonesia, khususnya Kota Bandung. Baginya, pemuda harus terus berinovasi sebab menjadi kunci kepahlawanan masa kini.

Oded menjelaskan, jika pada masa lalu semangat kepahlawanan ditunjukkan dengan pengorbanan tenaga dan nyawa, berbeda dengan saat ini. Saat ini, kata dia, semangat kepahlawanan bisa ditunjukkan dengan berbagai kegiatan yang berdampak pada sosial. 

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata," kata Oded berdasarkan rilis yang diterima IDN Times Jabar, Minggu (10/11/2019). 

1. Membantu sesama dan melek teknologi

Hari Pahlawan, Wali Kota Bandung Ingin Pemuda Terus BerinovasiIDN Times/Debbie Sutrisno

Oded mengatakan, momentum Hari Pahlawan ini harus dimaknai oleh masyarakat agar semakin melek teknologi dan tidak menyebarkan berita hoaks.

"Pada masa sekarang ini, kita torehkan prestasi berbagai bidang kehidupan yang menjadi semangat bangsa untuk maju," ungkapnya. 

2. Hari pahlawan jangan hanya seremonial

Hari Pahlawan, Wali Kota Bandung Ingin Pemuda Terus BerinovasiIDN Times/Debbie Sutrisno

Oded menambahkan, momentum hari pahlawan seharusnya tidak hanya dimaknai secara seremonial saja. Akan tetapi, kata dia, harus diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kepedulian sesama masyarakat.

"Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, mampu membantu kemajuan bangsa," ucapnya.

Oleh sebab itu, Oded mengajak masyarakat agar senantiasa memupuk nilai kepahlawanan dengan saling menolong dan saling menghargai.

"Prestasi harus diraih dan membantu kepada yang membutuhkan. Wujud nyata kali ini bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju," katanya.

3. "Jika orang bisa, saya harus bisa"

Hari Pahlawan, Wali Kota Bandung Ingin Pemuda Terus BerinovasiHumas Pemprov Sulsel

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung, Padmo. Ia menyampaikan, dalam perjuangannya, ada beberapa pesan perjuangan yang perlu dipegang di zaman saat ini. Ia mengutip pesan pahlawan, salah satunya yang pernah dilontarkan oleh Abdul Muis.

"Abdul Muis bilang, Jika orang bisa, saya juga bisa," ujar Padmo menirukan Abdul Muis.

Lebih lanjut, Padmo mengatakan, kaum muda saat ini, harus mampu berjuang untuk mencapai apa yang di impikannya. Sebuah impian tetntu tidak bisa jika hanya dilakukan bila mana pemuda Indonesia berleha-leha.

"Pemuda harus berjuang, jika ingin bisa meraih mimpinya," tegas Padmo. 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya