Hari Pahlawan, Kapolda Jabar Ingatkan Pesan Bung Karno

Jadikan hari pahlawan momentum mengenang jasa pahlawan

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menggelar upacara hari pahlawan dengan tema "Aku Pahlawan Masa Kini" di halaman Markas Polda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Minggu (10/11).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Jabar, pejabat utama Polda Jawa Barat, para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama serta PNS Polda Jawa Barat. Dalam kegiatan ini Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi membacakan sambutan Menteri Sosial, Juliari P. Batubara.

Dalam sambutanya, apa yang sudah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa, tentunya tidak datang begitu saja. Para pahlawan, kata dia, mengorbankan segala hal demi kemerdekaan Indonesia.

"Bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu Negeri," ujar Rudy berdasarkan rilis yang diterima IDN Times Jabar, Minggu (10/11).

1. Hari pahlawan diharapkan jadi pengingat menghargai jasa pahlawan

Hari Pahlawan, Kapolda Jabar Ingatkan Pesan Bung KarnoDoc Humas/Polda Jawa Barat

Rudy mengatakan, momentum hari pahlawan seharusnya menjadi pengingat untuk seluruh masyarakat bisa terus menghargai jasa-jasa para pahlawan. Sebab, para pahlawan tidak mudah untuk berjuang memerdekakan Indonesia.

"Peringatan hari pahlawan digelar agar kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan," ungkapnya.

2. Jangan pernah lupakan sejarah (Jasmerah)

Hari Pahlawan, Kapolda Jabar Ingatkan Pesan Bung KarnoIDN Times/istimewa

Rudy menyebutkan, dalam momentum hari pahlawan, ia selalu mengingat apa yang telah disampaikan salah seorang The Founding Fathers Indonesia, yakni Soekarno alias Bung Karno. Bung Karno menyebutkan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya.

"Bung Karno pernah menyatakan bahwa, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," ucapnya.

Rudy menambahkan, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan baik harta bahkan nyawa, saat ini untuk menjadi pahlawan dapat dilakukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan.

"Kemudian harus memberikan kemaslahatan bagi masyarakat serta mengharumkan nama bangsa di mata Internasional," katanya.

3. Hari pahlawan menjadi pengingat untuk selalu mencintai Tanah Air

Hari Pahlawan, Kapolda Jabar Ingatkan Pesan Bung Karnorakyatutama.com

Dengan demikian, Rudy berharap, momentum hari pahlawan menyadarkan seluruh masyarakat Indonesia agar lebih mencintai Tanah Air. Hari pahlawan disebutkan Rudy, harus menjadi spirit dalam mengokohkan Indonesia agar untuk menjadi negara maju.

"Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia yang maju," kata dia.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya